judul gambar
BadungHeadlines

FT Unud Terima CSR dari PT Baliyoni Saguna, Lengkapi Lab Technopreneurship

Jimbaran, LenteraEsai.id – Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) Ir I Ketut Sudarsana ST PhD didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Prof I Nyoman Suprapta Winaya ST MASc PhD, menerima Corporate Sosial Responbility (CSR) dari PT Baliyoni Saguna, Bali.

CRR berupa meubleler dan perangkat komputer untuk melengkapi fasilitas dalam Lab Technopreneurship Fakultas Teknik Unud tersebut, nilainya mencapai Rp272 juta, diserahkan langsung oleh Komisaris PT Baliyoni Saguna Dr Ir Ni Wayan Sri Ariyani MM.

Serah terima CSR ini berlangsung di Lab Technopreneurship yang berada pada salah satu ruangan dari Gedung 4 Lantai Advanced Research Laboratory Jimbaran dengan luas sekitar 4.500 m² yang pembangunan fisiknya selesai pada Desember 2021.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Unud Ir I Ketut Sudarsana ST PhD menyampaikan, Lab Technopreneurship ini sudah dibentuk sejak tahun 2019, namun baru saat ini memiliki ruangan. Pembentukan laboratorium ini diharapkan dapat membantu Fakultas Teknik menghasilkan start-up-start-up baru dari kalangan mahasiswa dan meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang kewirausahaan sehingga meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Teknik Universitas Udayana terutama IKU No.1 dan 2 tentang kualitas lulusan.

“Karena lab ini sangat berkaitan dengan information technology (IT), komputer, dan sebagainya, dan PT Baliyoni merupakan perusahaan yang memang bergerak banyak di bidang IT, maka kita mengajukan proposal agar sebagian CSR-nya diberikan ke Lab kita ini,” ujar Dekan FT Unud.

Laboratorium Technopreneurship merupakan sarana vital yang dimiliki oleh Fakultas Teknik untuk menghasilkan technopreneur muda yang inovatif. Terlebih lagi di Era Industri 4.0 dibutuhkan technopreneur yang memiliki pengetahuan intelektual dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Fakultas Teknik melalui Lab Technopreneurship memotori sekaligus memfasilitasi mahasiswa untuk mampu bersaing di dunia luar dan menjadi entrepreneur muda yang tangguh. Laboratorium merupakan tempat yang sangat baik dan layak untuk bisa menelurkan ide dan mengasah kemampuan berwirausaha, ujar Sudarsana PhD ketika diwawancara wartawan pada Selasa (15/3) siang di Gedung Advanced Research Laboratory.

Selain Lab Technopreneurship, di dalam Gedung Advanced Research Laboratory juga diperuntukkan laboratorium-laboratorium research di bidang keteknikan yang lebih maju dan unggul. Mengingat saat ini kurangnya Lab-lab riset yang mendukung penelitian-penelitian dosen yang lebih tinggi untuk menghasilkan luaran penelitian yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pada lantai atap gedung ini akan dipasang panel surya yang bisa memenuhi kebutuhan listrik di siang hari. Pemasangan panel surya ini merupakan salah satu komitmen Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam memanfaatkan renewable energy atau energi terbarukan guna mendukung konsep Kampus Hijau, ujar Dekan FT Unud. (www.unud.ac.id)

Lenteraesai.id