judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

Wabup Buleleng Serahkan Bantuan Kepada Warga yang Rumahnya Terbakar

Buleleng, LenteraEsai.id – Wakil Bupati Buleleng yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Buleleng dr I Nyoman Sutjidra SpOG, menyerahkan bantuan kepada Sang Nyoman Astawan yang rumahnya mengalami kebakaran di Banjar Dinas Kaja Kangin, Desa Kubutambahan, Rabu (9/3).

Penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk empati dan simpati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali kepada warga masyarakat yang mengalami musibah.

Wabup Sutjidra mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab Buleleng ikut merasakan prihatin terhadap musibah kebararan rumah yang menimpa Sang Nyoman Astawan sekeluarga.

Dengan bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan family kit, diharapkan dapat sedikit meringankan beban korban. “Semoga ini dapat bermanfaat dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan keluarga,” ucapnya

Sutjidra menambahkan, musibah kebakaran yang menimpa keluarga Sang Nyoman Astawan tidak diketahui penyebabnya. Musibah kebakaran belakangan ini masih acap kali terjadi.

Sehubungan dengan itu, ia menekankan pentingnya edukasi mengenai pencegahan dan pertolongan pertama terhadap musibah kebakaran. “Kami di PMI Kabupaten Buleleng terus-menerus melakukan edukasi. Apa yang harus diwaspadai dan dilakukan untuk mencegah, dan bagaimana bertindak saat mengetahui adanya kebakaran,” ujarnya.

Meskipun tanpa korban jiwa ataupun luka-luka, kediaman Sang Nyoman Astawan rusak berat dilalap kobaran api. Saat ini, korban dan keluarga tidur di gazebo kayu di pekarangan rumahnya.

Ditanya mengenai bantuan untuk merehabilitasi kediaman korban, Sutjidra menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta aparat Desa Kubutambahan untuk menyelesaikan urusan lahan yang ditempati. Hal ini dikarenakan, kediaman korban berdiri di atas lahan pinjaman.

Wabup menegaskan, Pemkab Buleleng akan segera membantu rehabilitasi rumah jika sudah ada kejelasan terkait lahan kediaman dari Sang Nyoman Astawan. ”Kalau sudah jelas, tentu kami akan mengupayakan untuk memberikan bantuan rehab rumah agar korban bisa menempati tempat tinggal yang layak,” ucap Wabup Sutjidra, menjelaskan.

Sementara korban Sang Nyoman Astawan mengaku tidak mengetahui jika rumahnya terbakar karena pada saat itu dirinya masih ada acara rapat keluarga. ” Dari musibah yang saya alami saat ini, kerugian saya dan keluarga mencapai puluhan juta rupiah,” kata Sang Nyoman Astawan.

Atas bantuan yang diberikan, Sang Nyoman Astawan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Buleleng dan juga PMI Buleleng yang telah memberikan bantuan. “Terima kasih kepada Pemkab Buleleng dan PMI Buleleng, terutama Bapak Wakil Bupati, bantuan ini kami pakai untuk keperluan sehari-hari,” ucapnya.  (LE-BUL1)

Lenteraesai.id