judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Terkait Jagat Kerthi, Pemkab Gianyar Mareresik Sampah Plastik di Wilayah Pantai

Gianyar, LenteraEsai.id – Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan mereresik sampah plastik di sejumlah wilayah pantai seperti Pantai Siyut, Masceti dan Pantai Lembeng, Kabupaten Gianyar pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sesuai Instruksi Gubenur Bali berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan Sekala Jagat Kerthi yang kali ini bertepatan dengan Rahina Tumpek Wayang.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, jika dillihat dari Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang di dalamnya terdapat Jagat Kerthi, aksi kali ini merupakan suatu cara dalam menjaga kebersihan dan kesucian alam yang ada.

Dengan aksi mereresik ini juga diharapkan program Pemerintah Provinsi Bali di bawah Gubenur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, betul-betul dapat terwujud secara berkesinambungan, ucapnya.

Kegiatan resik sampah plastik kali ini diikuti pegawai di lingkup Pemkab Gianyar, prajuru MDA, serta pengurus Forum Perbekel Kabupaten Gianyar.

Untuk kegiatan selanjutnya, lanjut Wayan Sadra, aksi bersih-bersih sampah ini tidak hanya melibatkan PNS, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Gianyar khususnya, dan Bali pada umumnya.

Dikatakan, pikiran yang bersih perlu didukung dengan alam yang bersih, jagat yang bersih, termasuk 6 bagian yang terdapat dalam Nangun Sat Kerthi Loka Bali juga harus bersih. “Sehingga melalui Nangun Sat Kerthi Loka Bali kita akan melakukan pembersihan Bhuana Agung dan Bhuana Alit,” ujarnya, menegaskan.

Terkait lokasi, kegiatan resik sampah plastik dilakukan di 3 tempat terpisah yaitu di Pantai Lembeng Desa Ketewel, Pantai Masceti Desa Medahan, dan Pantai Siyut Desa Tulikup. Bahkan ke depannya akan berlanjut ke pelosok desa yang ada di Kabupaten Gianyar.

Dari kegiatan Sekala Jagat Kerthi resik sampah plastik, berhasil terkumpul sebanyak 15 kubik sampah, yang terdiri dari 3 kubik sampah plastik dan 12 kubik sampah organik sisa upacara. Sampah yang terkumpul dibawa ke TPA Temesi guna dipilah dan diolah lebih lanjut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya yang ikut membersihkan sampah di Pantai Masceti mengatakan, kegiatan ini merupakan program Pemprov Bali yang bertujuan membersihkan lingkungan dari sampah, terutama sampah plastik.

“Mari kita tingkatkan kesadaran dalam masalah sampah ini. Sampah sebisanya diselesaikan di hulu, agar residu yang ke TPA seminimal mungkin, apalagi Bapak Bupati sedang gencar membangun TPS3R. Manfaatkan itu, jangan membuang sampah ke sungai atau ke tempat-tempat yang tidak semestinya,” ucap Sekda Wisnu Wijaya didampingi Kepala Dinas DLH Kabupaten Gianyar Ni Made Mirnaw.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id