judul gambar
DenpasarHeadlines

Tutup Lomba Literasi, Ny Antari Jaya Negara Ajak Belajar Literasi dan Gali Potensi Diri

Denpasar, LenteraEsai.id – Lomba Literasi dengan tema ‘Anak Cerdas Gemar Literasi’ digelar Pemkot Denpasar dalam rangkaian Hari Anak Nasional pada Kamis (9/12) di Dharma Negara Alaya Lumintang, Denpasar.

Pelaksanaan Lomba Literasi diikuti peserta dari tingkat PAUD, SD dan siswa SMP dengan total peserta 62 orang. Kegiatan ini sebagai suatu rangkaian dalam mendukung Denpasar sebagai Kota Layak Anak dengan kategori utama.

Pelaksanaan lomba ditutup Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Hadir pula istri Wakil Wali Kota Ny Ayu Kristi Arya Wibawa yang juga selaku Ketua Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak ( FK PUSPA ) Kota Denpasar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana, serta Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar Dewa Nyoman Sudarsana.

Ny Sagung Antari Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan, anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu diberikan tuntunan, bimbingan dan dorongan dalam tumbuh kembangnya baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun sekitarnya. Sesuai tema kegiatan lomba hari ini yaitu ‘Anak cerdas gemar literasi’, merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki serta kreativitasnya, karena melalui kegemaran berliterasi di usia dini seperti membaca, menulis, berhitung dan sains yang dapat membentuk karakter anak bangsa sehingga nantinya memiliki mental yang kuat dan tangguh dalam kesehariannya.

“Dengan giat dan gemar belajar literasi kita dapat menerima manfaat dalam meningkatkan kreativitas, seperti salah satu siswa SMA di Kota Denpasar yang mampu menghasilkan karya seni dari kegemaran belajar literasi,” ujar Ny Antari Jaya Negara.

Di samping itu menurunya, sesuai tingkatan literasi saat ini yaitu memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat diimplementasikan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan, hal ini menjadi semakin penting guna menghadapi kompetensi global. sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.

“Pada kesempatan ini saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kota Denpasar yang bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar, serta didukung para penggiat literasi serta semua pihak yang peduli pada anak untuk terus mengupayakan kegiatan-kegiatan literasi di Kota Denpasar untuk mewujudkan generasi yang literat demi ‘Denpasar Maju’,” ujarnya.

Sementara Ketua APSAI Kota Denpasar dr I Gusti Agung Ayu Decy Partiwi mengatakan kegiatan Lomba Literasi kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan Work Shop Literasi Menulis Cerpen yang diadakan pada bulan Oktober lalu.

Lomba Literasi terbagi menjadi tiga yakni kategori TK/PAUD berupa lomba bercerita dengan judul ‘Aku dan Sekitarku’, tingkat SD kategori lomba bercerita rakyat dengan menceritakan kembali isi buku yang dibaca. Sementara untuk tingkat SMP berupa lomba menulis cerpen dengan sub tema ‘Aku di Masa Pandemi Covid-19’. Lomba memperebutkan Juara I, II, III hingga Juara Harapan I-III dan memperoleh Piala dan Piagam.

Berhasil meraih Juara I dari kategori TK/PAUD diaraih Nyoman Kinandhita Adelia Prawira, asal sekolah PAUD Saraswati III Denpasar, Juari I Lomba Bercerita SD diraih I Made Danendra Daksa Dharmana, asal sekolah SD Cipta Dharma, dan Juara I Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP diraih Rohadatul Aisy Dzahabiyah asal sekolah SMP N 7 Denpasar.

“Selamat kepada para pemenang, peran dan upaya mendorong literasi di masyarakat tidak hanya tugas dan tanggung jawab kalangan pendidikan, namun juga peran dari keluarga juga sangat memegang peranan penting,” ujarnya, menekankan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id