HeadlinesKarangasem

Sebanyak 30 Orang Direkrut Rapala Untuk Jaga Keamanan Laut Karangasem

Amlapura, LenteraEsai.id – Sebanyak 30 orang direkrut ke dalam wadah Relawan Penjaga Laut (Rapala) yang dibentuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk menjaga keamanan laut Nusantara, khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem.

Pembentukan Rapala dengan 30 angota tersebut diresmikan oleh Direktur Kerjasama Bakamla RI Laksamana Pertama Sandy Muchjidin Latief, bertempat di Villa Taman Surgawi Ujung, Amlapura, Rabu (27/10/2021). Peresmian itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa.

Sandy Muchjidin Latief dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Kabupaten Karangasem terletak di ujung timur Pulau Bali, adalah pintu masuk dan keluar alur laut kepulauan Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa potensi pelanggaran hukum bisa saja terjadi seperti penangkapan ikan secara ilegal, kecelakaan atau musibah kapal tenggelam, dan banyak lagi yang membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.

“Berdasarkan potensi ancaman tersebut, kehadiran Rapala sangat diharapkan mampu mencegah semua potensi ancaman tersebut untuk menjaga keamanan dan keselamatan laut di Karangasem,” ujar Sandy Muchjidin Latief, menjelaskan.

Sandy Muchjidin Latief mengatakan bahwa sebelumnya para calon Rapala terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dan swab antigen yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Bakamla dan selanjutnya para calon Rapala akan mendapatkan pembekalan klasikal dan lapangan selama dua hari. 

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengatakan bahwa Kabupaten Karangasem memiliki panjang pantai sejauh 87 km. Dengan bentangan sepanjang itu terdapat celah negatif seperti kemungkinan masuknya orang dan barang secara ilegal, kejahatan keimigrasian dan kejahatan lainnya.

Artha Dipa juga mengatakan bahwa peran masyarakat pesisir sangatlah diperlukan dalam menjamin keamanan dan kedaulatan wilayah pantai. “Untuk mewujudkan hal tersebut, masyarakat pesisir harus dilembagakan dan didukung dengan pengetahuan keterampilan serta sarana dan prasarana yang memadai,” katanya.

Artha Dipa berharap, dengan pembentukan Relawan Penjaga Laut (Rapala) ini bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berbagai aktivitas di pesisir pantai, seperti aktivitas pariwisata dan yang lainnya, khususnya di Kabupaten Karangasem.

“Untuk para calon anggota Rapala yang akan dididik dan dilatih, saya harap agar mengikuti dengan serius sehingga menghasilkan Rapala yang berkomitmen dan berintegritas yang nantinya bisa diimplementasikan saat bertugas di lapangan,” kata Artha Dipa, menekankan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id