HeadlinesKarangasem

Menteri PPPA: Anak Yatim Piatu Harus Berada pada Pengasuh Pengganti yang Aman

Karangasem, LenteraEsai.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati melakukan kunjungan ke Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada Senin (25/10/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Bintang Darmawati sempat menyoroti keberadaan anak yatim piatu. Menurutnya, untuk menjaga kondisi psikologis, seorang anak yatim piatu harus berada pada pengasuh pengganti yang tepat, aman dan nyaman.

“Dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja, terlebih bagi anak yatim piatu, tentu harus menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Menteri Bintang Darmawati.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya kemudian menggandeng beberapa dunia usaha untuk bersama-sama turun ke daerah-daerah agar keberadaan anak yatim, piatu maupun yatim piatu kondisi psikologisnya tetap terjaga dengan baik.

“Sebenarnya Kemensos yang seharusnya melakukan pendampingan terhadap anak yatim, piatu maupun yatim piatu. Tapi karena kami mendapat mandat untuk melakukan perlindungan terhadap anak tentu untuk di awal-awal kita yang melakukan pendampingan dengan menggandeng beberapa dunia usaha,” katanya.

Menteri Bintang Darmawati juga mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini terus melakukan komunikasi secara intens dengan kementerian lembaga yang lain karena menciptakan kondisi psikologis yang baik bagi anak tersebut merupakan hal yang sangat penting.

Untuk pendidikannya, pihaknya lebih intens berkoordinasi dengan Kemendikbud sedangkan untuk pendampingannya intens berkoordinasi dengan Kemensos. “Selain itu, kami juga intens melakukan koordinasi dengan teman-teman yang ada di daerah,” kata Menteri Bintang Darmawati.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang Darmawati juga menyerahkan 100 paket sembako kepada ibu hamil dan 50 paket rekreasional kid kepada anak-anak yang diserahkan secara simbolis. (LE-Jun)

Lenteraesai.id