HeadlinesKarangasem

Wujudkan Petani Tangguh, Bupati Dana Serahkan Alat dan Mesin Pertanian

Karangasem, LenteraEsai.id – Untuk mewujudkan petani yang tangguh dan mandiri, Bupati Karangasem I Gede Dana menyerahkan bantuan alat pertanian berupa traktor roda dua sebanyak 8 unit, cultivator 8 unit dan rice transplanter 2 unit kepada subak atau kelompok tani yang ada di Kabupaten Karangasem, Rabu (13/10/2021).

Bupati Dana menyampaikan, alat dan mesin pertanian (Alsintan) saat ini menjadi salah satu terobosan baru dalam pembangunan pertanian untuk mengatasi permasalahan keterbatasan jumlah tenaga kerja yang ada di pedesaan. 

“Bantuan Alsintan yang selama ini diberikan kepada kelompok tani, harus dirawat dan dikelola dengan baik agar bisa digunakan bagi seluruh petani dan juga kelompok tani,” kata Bupati Dana.

Selain itu, dengan adanya Alsintan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Karangasem. Utamanya menuju pembangunan pertanian yang tangguh dan mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani serta nelayan.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan saya minta dapat melakukan koordinasi sebaik mungkin dengan anggota kelompok tani dalam hal pemanfaatan Alsintan tersebut, serta untuk bersama-sama memelihara, menjaga, mengelola dan menggunakan dengan baik, sehingga alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak cepat rusak, serta tidak disalahfungsikan atau digunakan untuk hal lain,” ucap Bupati Dana.

Bupati Dana juga mengatakan, dalam jangka pendek, sektor pertanian diharapkan mampu menjadi sektor terdepan dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Perannya tidak hanya dari segi peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja, namun juga menjaga stabilitas harga pangan yang didukung oleh penyedia stok pangan.

“Peran Dinas Pertanian sangat penting dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan pertanian yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Karangasem,” kata Bupati Dana, menekankan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id