BulelengHeadlines

Pura Dalem Desa Rangdu Buleleng Terbakar

Buleleng, LenteraEsai.id – Dua pelinggih gedong di Pura Dalem Desa Rangdu, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng hangus terbakar pada Rabu siang, 13 Oktober 2021.

Bendesa Adat Rangdu Jro Gede Mangku mengatakan, pagi itu sekitar pukul 07.00 Wita, dirinya bersama beberapa warga datang ke Pura Dalem untuk merencanakan ritual pemelaspasan terhadap pelinggih yang berada di jaba tengah Pura Dalem Rangdu.

Seusai melakukan persembahyangan bersama, kemudian pada pukul 09.00 Jro Gede mengikuti suatu rapat di Seririt, namun tiba-tiba ditelepon  Bendahara Desa Adat Putu Tarsini yang menyampaikan bahwa Pura Dalem kebakaran.

Mendapat kabar itu, Jro Gede bergegas menuju Pura Dalem yang terbakar, kemudian melalui petugas Bhabinkamtibmas meminta bantuan untuk mendatangkan petugas pemadam kebakaran.

Petugas pemadam yang datang akhirnya pada pukul 11.30 Wita berhasil memadamkan api yang berkobar pada dua pelinggih gedong yang ada di Pura Dalem Rangdu.

Dari keterangan saksi dan pengecekan serta olah TKP yang dilakukan pihak Polsek Seririt, diketahui bahwa kebakaran itu disebabkan oleh adanya percikan atau rembetan api dari semak-semak yang pagi itu terbakar.

Semak-semak yang ada di bagian selatan pura pagi itu terbakar, di mana percikan api yang kemudian menjadi besar diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, ujar Jro Gede, menjelaskan. (LE-BL)

Lenteraesai.id