judul gambar
BangliHeadlines

Banyu Pinaruh, Pancuran Alas Metapa Bangli Dijaga Polisi untuk Cegah Kerumunan

Bangli, LenteraEsai.id – Petugas berwajib melaksanakan pengamanan di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Bangli berkaitan dengan ritual Banyu Pinaruh, Minggu (29/8), usai perayaan Hari Raya Saraswati.

Pengamanan selain dilakukan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan, juga kali ini berkenaan dengan masa pandemi Covid-19 dengan diberlakukannya PPKM Level-4.

Dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif, personel Polsek Tembuku melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan patroli dialogis sekaligus menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat yang melaksanakan rangkaian upacara agama Banyu Pinaruh, yaitu membersihkan diri dengan air di lokasi mata air Alas Metapa Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Terkait dengan hal tersebut, pada Minggu, 29 Agustus 2021 pukul 10.30 Wita, Perwira Pengawas Aiptu I Nyoman Sukastra bersama empat orang anggota regu piket didampingi Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan Aiptu I Dewa Ketut Tagel, melaksanakan patroli seputaran Tembuku dengan menggunakan kendaraan patroli.

Kemudian Pawas Polsek Tembuku bersama anggota menyambangi tempat yang dipakai untuk kegiatan Banyu Pinaruh yaitu mata air Alas Metapa di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku. Tiba di lokasi telah terdapat beberapa warga masyarakat yang melaksanakan permandian diri memohon kesucian diri di hari Banyu Pinaruh.

Guna menghindarkan terjadinya kerumunan, dengan sigap anggota patroli Polsek Tembuku mengatur dan membatasi warga di lokasi permandian,  ataupun mengawasi kegiatan mereka agar sesuai dengan prokes. Alhasil acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal yang tidak diharapkan. Serta memastikan kegiatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan dan sekaligus memberikan imbauan kamtibmas.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang warga yang melaksanakan upacara Banyu Pinaruh yang tidak mau disebutkan namanya mengucapkan rasa terima kasih atas kesigapan pihak kepolisian dalam mengatur dan mengawasi warga agar teratur serta dapat menjaga jarak.
Hal tersebut dilakukan guna menciptakan perasaan aman dan nyaman di tengah masyarakat, serta demi memutus mata rantai Covid-19.

Di tempat terpisah, Kapolsek Tembuku AKP I Putu Gede Ardana SH mengatakan, anggota yang dikerahkan ke lokasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan upacara sesuai dengan protokol kesehatan dan sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.  (LE-BL)

Lenteraesai.id