judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Pemkab Gianyar Sukses Bentuk Wirausahawan Muda Geluti Coffee Shop

Gianyar, LenteraEsai.id – Pemkab Gianyar melalui TP PKK Kabupaten Gianyar dan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar beberapa waktu yang lalu memberikan pelatihan barista kepada 17 anak muda. Pelatihan yang digelar selama 20 hari tersebut kini telah berhasil mencetak wirausaha-wirausahawan muda.

Terbukti, 5 orang dari mereka telah membangun usaha coffee shop sendiri, yakni I Wayan Dede Ananda Kusuma yang mendirikan Istoria Coffee, I Made Aditya Darma Putra mendirikan Speed Coffee sekaligus menjadi pengajar barista di IPB Internasional Bali, I Gusti Ayu Reina Cahyanti mendirikan Simpang Coffee juga menjadi pengajar ekstrakurikuler di SMK Pariwisata, Kadek Eric Saputra mendirikan Nepi Kopi, dan Kadek Agus Darsana Budi mendirikan Mondela Coffee dan segera membuka cabang baru di Denpasar.

Mereka berani dan telah berhasil mempraktikkan program PKH (Pendidikan Kecakapan Hidup) yang telah diberikan Pemkab Gianyar. Melalui pelatihan barista tersebut mereka memperoleh sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra selaku ketua TP PKK yang menggagas kegiatan tersebut.

“Saya bangga, pelatihan ini telah berhasil membentuk wirausaha-wirausahawan muda. Pelatihan yang kami berikan bermanfaat bagi mereka, dan ilmu yang mereka dapatkan sudah bersertifikasi nasional, diakui secara nasional, ini luar biasa,” ujarnya sumringah. Baginya kesuksesan dari pelatihan barista tersebut terbukti saat para peserta yang mengikuti pelatihan mampu menerapkan ilmu yang mereka dapatkan.

Program PKH pelatihan barista tersebut memberikan kesempatan kepada anak-anak muda generasi milenial untuk memiliki sebuah skill meracik kopi. “Karena saat ini tidak hanya orang tua saja yang minum kopi namun kalangan anak muda pun banyak penikmat kopi. Sehingga banyak cafe, coffee shop ataupun kedai kopi yang kita lihat di sepanjang jalan. Ini sudah menjadi trend anak muda, sehingga inilah yang menjadi dasar kami membuat pelatihan barista yang berbasis kompetensi,” ujar Ny Surya Adnyani Mahayastra saat menyerahkan sertifikat kompetensi di Sekretariat PKK Gianyar, Kamis (1/7/2021).

Is berharap, mereka yang belum menerapkan keterampilan yang diperoleh, agar memiliki keberanian untuk memulai dan mengikuti jejak rekan-rekannya yang lebih dulu terjun ke dunia usaha. “Ayo, mulai bergerak, milikilah keberanian, mulai dulu dengan hal-hal kecil, nanti keberanian muncul dan lebih percaya diri, astungkara kalian semua menjadi orang sukses,” ujarnya memberi semangat.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id