judul gambar
DenpasarHeadlines

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat di Kota Denpasar, 54 Kasus Positif Baru

Denpasar, LenteraEsai.id – Setelah sempat menurun tajam, kasus penularan Virus Corona kini nampaknya kembali meningkat di Kota Denpasar. Berdasarkan data resmi pada Sabtu (19/6), kasus positif baru tercatat bertambah sebanyak 54 orang, sementara kasus sembuh hanya 7 orang.

“Meski tanpa kasus meninggal dunia hari ini, namun kasus sembuh hanya bertambah 7 orang, sedangkan kasus positif sebanyak 54 orang. Melihat ini, kita wajib waspada dan lebih disiplin dalam menerapkan prokes,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dikonfirmasi Sabtu (19/6).

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar kini menjadi 15.181 kasus, pasien sembuh mencapai 14.672 orang (96,64 persen), meninggal dunia 351 orang (2,31 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 158 orang (1,04 persen).

Dewa Rai mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktivitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan varian baru.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat. Jadi intinya kapanpun dan di manapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi. Dalam tiga hari terakhir ini kasus kembali mengalami peningkatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat.

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19,” ajak Dewa Rai

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” kata Dewa Rai, mengingatkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id