HeadlinesKarangasem

Pipa Hanyut Terbawa Banjir Bandang, Ratusan KK ‘Putus’ Air Bersih di Gegelang

Karangasem, LenteraEsai.id – Dampak dari hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang pada Kamis (17/6) lalu di Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem membuat pipa yang digunakan untuk mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga hanyut terbawa arus banjir.

Akibatnya, ratusan kepala keluarga (KK) yang ada di Desa Gegelang tidak mendapat atau ‘putus’ pasokan air bersih sejak musibah itu terjadi, sehingga masyarakat banyak yang mengeluh karena bingun mencari air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan minum, sedangkan untuk mandi dan mencuci masyarakat memilih untuk pergi ke aliran sungai.

“Kurang lebih ada sekitar 150 KK yang tidak dapat air bersih akibat pipa yang digunakan mengalirkan air hanyut terbawa arus banjir beberapa hari yang lalu,” kata Perbekel Desa Gegelang Dewa Komang Parwata ketika dihubungi, Sabtu (19/6).

Dewa Parwata melanjutkan, saat ini untuk pipa air yang dikelola oleh desa berjumlah 3 jalur dan sudah dalam proses perbaikan. Tapi, baru selesai 1 jalur sedangkan 2 jalur lainnya masih dalam proses pengerjaan.

“Semoga saja dalam waktu dekat perbaikan pipa-pipa tersebut sudah selesai dilakukan, supaya masyarakat yang ada di Desa Gegelang bisa kembali mendapatkan air bersih seperti biasa,” ujar Dewa Parwata, berharap.

Proses perbaikan sempat sedikit terganggu karena air sungai hingga saat ini masih cukup deras, terlebih beberapa ruas pipa yang patah berada di pinggiran atau sekitar aliran sungai.

“Sungai masih berair deras sehubungan pada Jumat (18/6) malam hujan masih mengguyur wilayah Desa Gegelang dan sekitarnya, walaupun dengan intensitas tidak selebat saat terjadi banjir bandang,” ujarnya, menjelaskan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id