HeadlinesKlungkung

Bermodus Kasi Jimat, Wanita Karangasem Tega Rampas Cincin Pria Lumpuh

Gunaksa, LenteraEsai.id – Aksi perampasan sebuah cincin emas yang melekat pada jemari seorang pria yang mengalami keterbatasan fisik (lumpuh), terjadi di wilayah Gunaksa, Kabupaten Klungkung, Bali.

Pria lumpuh tersebut diketahui bernama I Ketut Marta (54), penduduk Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung yang kesehariannya bekerja sebagai pedagang dengan berjualan di warung depan rumahnya.

Kronologi aksi perampasan tersebut bermula pada Senin, 14 Juni 2021 sekitar pukul 15.00 Wita, di mana korban yang mengalami kelumpuhan didatangi seorang perempuan yang tidak dikenal dan ngobrol di warung depan rumah korban.

“Setelah ngobrol ‘kangin-kauh’, perempuan itu memberi nasi bungkus dan sebuah ‘jimat’ berupa seutas benang tridatu kepada saya. Saat memberikan dan memasang benang tridatu pada pegelangan saya, tiba-tiba dia menarik paksa cincin yang terpasang pada jari manis,” ujar Ketut Marta, menuturkan.

Marta mengaku sempat menarik tangan dan berusaha mempertahankan cincin agar tidak terlepas dari jemarinya. Namun karena tenaga wanita itu cukup kuat, akhirnya berhasil merampas cincin hingga bagian jari Marta terluka.

Setelah berhasil merampas cincin dari jemari Marta, perempuan tersebut kabur dengan sepeda motor yang dikendarainya. “Saya tidak bisa berbuat apa-apa karena kedua kaki saya lumpuh,” ujar Marta mengenang peristiwa yang dialaminya.

Atas kejadian itu, korban Marta yang diantar pihak keluarganya, kemudian datang melaporkan ke petugas kepolisian, yang ketika itu juga langsung turun ke tempat kejadian untuk melakukan penyelidikan.

Tim Opsnal Satreskrim Polres Klungkung yang dipimpin Kanit I Ipda Gusti Lanang Nyoman Parwata SH yang kemudian memeriksa sejumlah saksi, diperoleh petunjuk tentang plat nomor sepeda motor yang dikendarai pelaku.

Setelah dilakukan pengecekan atas nomor polisi kendaraan dimaksud, akhinya diketahui identitas si pemiliknya, sehingga pada Rabu, 16 Juni 2021 sekitar pukul 16.00 Wita si pelaku dapat diamankan saat melintas di Jalan Raya Gunaksa, Klungkung.

Dari hasil interogasi, pelaku yang terungkap bernama Ni Ketut Ari Widiari (42), mengakui telah mengambil paksa cincin korban pada hari Senin lalu sekitar pukul 15.00 Wita.

Dari ibu rumah tangga asal Karangasem yang bertempat tinggal di Dusun Takmung Kawan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung itu, polisi menyita barang bukti berupa sebuah cincin emas, selembar nota pembelian (Toko Sari Kencana), dan 1 unit sepeda motor Honda Genio DK-5973-NA berikut STNK-nya, yang digunakan pelaku saat beraksi.

Kini pelaku dan barang buktinya diamankan di Mapolres Klungkung guna proses hukum lebih lanjut.  (LE-KL)

Lenteraesai.id