judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Karangasem Berkoordinasi dengan Kesbangpol Terkait Program DP3

Amlapura, LenteraEsai.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem melakukan koordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karangasem terkait dengan program terbaru dari KPU RI yang bertajuk Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), bertempat di Gedung Civic Centre Amlapura, Jumat (28/5).

Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) tersebut merupakan salah satu sarana dalam melakukan pendidikan pada masyarakat di tingkat desa agar mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih serta dapat membentuk kader yang dapat menggerakkan kesadaran politik di masyarakat.

Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Karangasem, Putu Deasy Natalia mengatakan, program Desa Peduli Pemilih dan Pemilihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemilih untuk berpartisipasi dalam setiap pesta demokrasi, khususnya pada tahun 2024 mendatang. 

“Sasaran utama program ini adalah desa-desa yang selama ini tingkat partisipasinya rendah dalam setiap pesta demokrasi,” kata Deasy Natalia, menjelaskan. 

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Karangasem Ngurah Gede Maharjana mengatakan, guna mewujudkan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan sebagai upaya peningkatan indek demokrasi, sesungguhnya tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU, namun juga diperlukan dukungan dan sinergitas dari berbagai elemen, khususnya dari pemerintah daerah. 

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah khususnya Badan Kesbangpol di tingkat kabupaten,” ucap Ngurah Maharjana.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Karangasem, I Ketut Kanginan Subandi mengaku sangat mengapresiasi program dari KPU yang bertajuk Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) tersebut. 

“Program ini sangat bagus guna mengedukasi pemilih yang ada di tingkat desa, khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem,” kata Subandi.

Subandi menambahkan bahwa pihaknya juga memiliki program dengan konsep serupa, hanya saja judulnya yang berbeda, namun tujuannya sama, yakni untuk mengedukasi pemilih di Karangasem hingga bisa disinergikan dengan KPU.

“Namun program tersebut perlu kita bahas lebih lanjut terkait bentuk dan teknis penyelenggaraannya,”kata Subandi, menandaskan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id