HeadlinesKarangasem

Kegiatan Tukar Sampah Plastik dengan Beras di Desa Ababi, Disambut Berbagai Kalangan

Karangasem, LenteraEsai.id – Kegiatan tukar sampah plastik dengan beras yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nadhi Utama Desa Ababi Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem mendapat sambutan positif warga masyarakat dan dari sejumlah institusi terkait.

Kergiatan yang diselenggarakan di objek wisata Maha Gangga Valley Desa Ababi pada 22-23 Mei 2021 itu, antara lain mendapat apresiasi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Karangasem, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem dan Jaringan Pengembangan Desa Wisata (JPDewi).

Untuk setiap 3 kilogram sampah plastik dapat ditukar dengan 1 kilogram beras, dan sejak hari Sabtu (22/5) lalu, sampah plastik yang terkumpul pada pihak panitia telah mencapai ebih dari 1 ton beratnya. 

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Karangasem Nyoman Merta Tanaya di lokasi kegiatan, Minggu (23/5) mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis Nadhi Utama Desa Ababi, karena kegiatan seperti ini dapat memotivasi masyarakat untuk membebaskan kawasan pemukiman dan semua fasilitas pembangunan dari kekumuhan, terutama yang ditimbulkan dari sampah plastik yang selama ini cukup mengganggu. 

“Ini sesuai dengan visi Dinas Perkim, dimana tupoksi kami ialah berkewenangan membina kelompok swadaya masyarakat dalam pengentasan kekumuhan permukiman, termasuk yang disebabkan oleh sampah,” kata Merta Tanaya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga berencana membuat workshop untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengolahan sampah plastik agar menjadi barang yang lebih berguna atau bernilai ekonomis seperti pembuatan pencetakan paving block, patung dan berbagai kerajinan lainnya yang terbuat dari sampah plastik. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem Ni Nengah Murniati juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena ini merupakan cara agar masyarakat bisa menjaga lingkungannya secara mandiri untuk terbebas dari sampah plastik.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, jangan hanya sekali, karena kegiatan seperti ini sangat baik selain dapat menyadarkan masyarakat terkait bahaya sampah plastik juga dapat membuat lingkungan menjadi bersih dan bebas sampah plastik,” kata Nengah Murniati.

Sedangkan Wakil Ketua JPDewi, I Gede Suparta juga memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis Nadhi Utama Desa Ababi ini. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dicontoh oleh masyarakat di desa lain yang ada di Karangasem.

“Salah satu syarat menuju desa wisata yakni terkait kebersihan lingkungan dari sampah terutama sampah plastik, karena para wisatawan sangat tidak suka melihat sampah di tempat-tempat wisata,” kata Gede Suparta. 

Oleh sebab itu, program seperti ini sangat baik dan diharapkan dapat berjalan berkelanjutan. Selain itu pihaknya juga akan bekerja sama dengan Dinas Perkim untuk membuat workshop terkait SDM agar masyarakat dapat mengubah sampah plastik menjadi barang yang lebih berharga dan bernilai ekonomis.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id