HeadlinesNasional

Tiga Warga Terkubur Tanah Longsor di Tapanuli Selatan

Tapanuli Selatan, LenteraEsai.id – Musibah bencana alam belakangan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, terlebih setelah tibanya musim hujan yang disertai angin kencang.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat sebanyak tiga orang meninggal dunia akibat tanah longsor yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis (29/4) pukul 18.00 WIB di Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Akibatnya, tiga penduduk terkubur material longsoran yang jumlahnya cukup besar, terdiri atas gundukan tanah merah bercampur bebatuan serta patahan dahan dan ranting pepohonan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Selatan bersama TNI, Polri serta tim gabungan, hingga kini masih melakukan pencarian terhapan para korban yang tertimbun material longsoran dengan menggunakan alat berat.

Dr Raditya Jati selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB menyatakan, selain itu, kerugian materil akibat peristiwa tersebut masih dalam pencatatan lebih lanjut oleh BPBD setempat.

Berdasarkan analisis InaRisk, Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki potensi bahaya bencana tanah longsor tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 14 kecamatan di daerah itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana yang dipicu oleh faktor cuaca dengan melakukan rencana mitigasi dan kesiapsiagaan sesuai potensi bencana yang ada di wilayah masing-masing.  (LE-TS)

Lenteraesai.id