judul gambar
HeadlinesKarangasem

Kabupaten Karangasem Masih Kekurangan Lebih Dari 1.000 Guru PNS

Karangasem, LenteraEsai.id – Selain banyak sekolah yang masih mengalami kerusakan akibat termakan usia, Kabupaten Karangasem juga masih kekurangan lebih dari seribu tenaga pengajar atau guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengatakan, sarana pendidikan yang ada di Kabupaten Karangasem mulai dari jenjang TK, SD hingga SMP, idealnya ditangani oleh sedikitnya 4.894 guru PNS.

Namun demikian, jumlah guru PNS untuk jejang pendidikan tersebut di Kabupaten Karangasem baru sebanyak 3.467.  “Jadi baru 3.467 guru yang berstatus PNS yang kini sudah kami miliki, sehingga masih kekurangan sekitar 1.427 guru lagi,” kata Kadis Ngurah Kartika ketika dikonfirmasi di Amlapura, Senin (5/4).

Untuk menutupi kekurangan guru PNS tersebut, Kadis Ngurah Kartika mengatakan sejauh ini telah tertutupi dengan dipekerjakannya guru-guru honorer. “Di setiap sekolah juga terdapat guru honorer untuk membantu kekurangan tersebut,” ujarnya, menjelaskan.

Dari 3.467 guru PNS yang sudah ada saat ini, paling banyak ditugaskan pada jenjang pendidikan SD yang mencapai 2.613 orang. Sedangkan pada jenjang SMP ditugaskan 770 orang, dan di sekolah TK 84 orang.

“Idealnya untuk mengcover seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Karangasem kita membutuhkan sebanyak 4.894 guru yang berstatus PNS. Jadi kita upayakan untuk rekrutmen PPPK tahun ini kita dapat merebut 471 orang untuk tenaga guru di tahun 2021,” kata Kadis Ngurah Kartika, menandaskan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id