judul gambar
HeadlinesKarangasem

75 Persen Hotel dan Restoran di Karangasem Siap Beroperasi Jika Pariwisata Bali Dibuka

Karangasem, LenteraEsai.id – Terkait dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang berencana membuka kembali sektor pariwisata Bali pada bulan Juni atau Juli 2021, membuat beberapa hotel dan restoran di Karangasem mulai mempersiapkan diri.

“Tapi, dari ratusan hotel dan restoran yang ada di Karangasem baru sekitar 75 persen saja yang sudah dinyatakan siap atau boleh beroperasi kembali,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sekaligus Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Karangasem, I Wayan Kariasa, di Amlapura, Kamis (25/3).

Ia menyebutkan, sekitar 75 persen hotel dan restoran yang sudah dinyatakan siap atau boleh beroperasi kembali, adalah lahan usaha yang sudah mengantongi sertifikat tatanan kehidupan era baru yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bali, dan juga sertifikat CHSE yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf RI.

“Sedangkan sisanya sekitar 25 persen hotel dan restoran yang belum mengantongi kedua sertifikat tersebut, saat ini sudah mulai mengurusnya,” kata Kariasa, mengungkapkan.

Hotel dan restoran yang telah mendapat sertifikat merupakan lahan usaha yang sudah siap dengan kelengkapan protokol kesehatan, seperti menyediakan tambahan wastafel, hand sanitizer, seluruh yang terlibat memakai masker dan ketentuan lainnya, termasuk vaksinasi.

Seiring dengan itu, kata Kariasa, kini yang menjadi pekerjaan utama dari pemerintah daerah adalah menyiapkan vaksin Covid-19 sebanyak-banyaknya untuk para pekerja pariwisata di Kabupaten Karangasem.

“Para pekerja pariwisata di Karangasem jumlahnya ribuan, semoga saja semua orang yang bekerja di sektor pariwisata tersebut secepatnya mendapat vaksinasi agar seluruh komponen benar-benar siap,” kata Kariasa berharap.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id