BangliHeadlines

Bencana Tanah Longsor Tutup Jalan di Kintamani, TNI Diterjunkan ke Lokasi

Bangli, LenteraEsai.id – Hujan Deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bangli pada Jumat (5/2/2021) sore mengakibatkan longsor di beberapa tempat di wilayah Kintamani, seperti yang terjadi di Desa Trunyan.

Timbulnya bencana tersebut, telah mengakibatkan akses jalan dari wilayah Penelokan menuju Desa Trunyan tertimbun material longsoran dalam jumlah yang cukup banyak.

Guna menyingkirkan material yang menutup jalur lalu lintas di jalan raya tersebut, personel Kodim 1626/Bangli sejak hari Sabtu (6/2) pagi telah diterjunkan ke lokasi kejadian.

Bersinergi dengan instansi terkait dan masyarakat, petugas gabungan bergotong-royong untuk melakukan normalisasi longsoran tanah yang menutupi jalan menuju Desa Trunyan, Kintamani.

“Bersyukur, akses jalan kini telah kembali normal, dan warga telah bisa keluar masuk Trunyan lewat jalur darat seperti biasa,” kata Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana SIP ketika dihubungi, Minggu (7/2) sore.

Anggota Kodim 1626/Bangli yang terjun ke lapangan bersinergi dengan unsur Polri, BPBD dan Dinas PU Kabupaten Bali, aparat desa serta masyarakat Desa Trunyan, telah bahu-membahu menyingkirkan material longsoran yang menumpuk di jalanan.

Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, mengatakan pihaknya menerima laporan dari jajarannya tentang terjadinya tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kintamani dalam beberapa hari ini.

Memasuki musim hujan, lanjut Dandim, pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu memantau wilayah, sehingga apabila ada bencana dengan cepat dapat ditangani termasuk upaya mengantisipasinya.

Dandim juga memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan kegiatan karya bakti bergabung bersama instansi terkait di lapangan, apabila ada bencana di wilayah tugas.

Pantauan di lapangan, siang ini pertugas dari Forkopimcam Kintamani terlihat mengecek sejumlah titik longsor yang terjadi di wilayah Kintamani. (LE-BL)

Lenteraesai.id