judul gambar
HeadlinesKarangasem

Beringin Raksasa Tumbang Timpa Pelinggih di Desa Bukit Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Bencana pohon tumbang kembali terjadi di Kabupaten Karangasem. Kali ini sebatang pohon beringin berukuran cukup raksasa tiba-tiba rebah di Banjar Dinas Bukit Kelod, Desa Bukit, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa, Jumat (5/2)  mengatakan, pohon yang tumbang tersebut berjenis beringin yang memiliki panjang 20 meter dengan garis tengah bagian batang 2 meter.

“Pohon beringin tersebut tumbang akibat hujan deras, dan rebahan dahannya menimpa sebuah pelinggih di Pura Melanting,” ungkap Kalaksa Arimbawa, menjelaskan.

Ia menyebutkan, karena pohon yang tumbang tersebut berukuran cukup besar dan berdaun lebat, membuat tim BPBD Karangasem cukup kesulitan untuk melakukan penanganan.

Selain itu, hujan deras yang terus mengguyur daerah tersebut juga membuat tim BPBD Karangasem harus menghentikan penanganan sementara, dan akan kembali dilanjutkan pada besok pagi.

“Karena cuaca hujan, jadi kami putuskan untuk melanjutkan penanganan besok pagi. Terkait ini, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak pengempon pura,” kata Kalaksa Arimbawa.

Tim yang ikut melakukan penanganan di lapangan adalah TRC BPBD Regu II, pihak Keluarga Puri Karangasem (pengempon pura), perangkat desa, Dinas DLH, Kasi Trantib Kecamatan, Babinsa dan masyarakat setempat.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut, dan kerugian secara material pun belum bisa dipastikan karena penanganan belum selesai,” ungkap Kalaksa Arimbawa, menandaskan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id