judul gambar
HeadlinesKarangasem

Kayu Santen dan Aren Tumbang, Timpa Mobil dan Nutup Jalan di Manggis Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Bencana pohon tumbang akibat hujan yang disertai angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur pada Rabu (27/1/2021).

Kali ini sebatang pohon yang di daerah setempat disebut kayu santen setinggi 20 meter dengan garis tengah 35 cm, tiba-tiba tumbang di wilayah Banjar Dinas Buitan, Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, tepatnya di depan Hotel Emerald Bay Villas.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, kayu santen yang tumbang di depan Hotel Emerald Bay Villas itu,  menimpa sebuah mobil milik pihak hotel.

“Salah satu mobil milik pihak hotel yang berjenis Ford Everest dengan bernomor polisi DK-1057-SB yang terparkir di depan hotel, tertindih oleh salah satu dahan pohon yang tumbang,”ungkap Kalaksa Arimbawa.

Untuk melakukan penanganan, BPBD Kabupaten Karangasem mengerahkan TRC BPBD yang dibantu oleh staf hotel dalam menyingkirkan batang dan dahan pohon yang menimpa kawasan.

Selain di Banjar Dinas Buitan, pohon tumbang juga terjadi di Banjar Dinas Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, yaitu sebatang pohon jenis aren atau jaka sepanjang 15 meter dengan garis tengah 30 cm, tumbang menutup seluruh badan jalan di daerah itu.

Akibat tertutup batangan pohon, jalanan sempat tidak bisa dilalui oleh masyarakat. “Tapi, saat ini pohon yang tumbang tersebut sudah bisa ditangani dan akses jalan sudah kembali normal seperti biasa,” kata Kalaksa Arimbawa,  menandaskan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id