HeadlinesKlungkung

Pohon Tumbang Lumpuhkan Akses Jalan Raya di Banjarangkan Klungkung

Klungkung, LenteraEsai.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Klungkung dan sekitarnya sejak beberapa hari ini, telah menyebabkan sejumlah pohon berukuran cukup besar yang tumbuh di bahu jalan, bertumbangan.

Salah satu pohon berukuran cukup besar yang tumbuh di pinggir Jalan Raya Banda Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Jumat (21/1) siang  tumbang hingga membuat akses jalan raya di daerah tersebut lumpuh total.

Sehubungan dengan itu, Kapolres Klungkung AKBP Bima Ariya Viyasa SIK MH langsung memerintahkan anggotanya bersama warga sekitar dan instansi terkait, untuk secepatnya turun bergotong royong memotong dan memindahkan batangan pohon yang melintang di badan jalan.

Dengan menggunakan alat pemotong kayu seperti parang dan gergaji mesin, nampak personel Polsek Banjarangakn dipimpin Kapolsek Banjarangkan AKP IKt Suaka Punawasa SH beserta para Kanit serta anggota Polres Klungkung dan warga sekitar, bergotong royong memotong pendek-pendek bagian pohon agar lebih mudah untuk dipindahkan dari badan jalan.

Kapolsek Banjarangkan AKP IKt Suaka Punawasa SH di sela-sela kegiatan mengatakan, memang pohon tumbang di daerahnya sudah sering terjadi, terutama di saat turunnya hujan yang disertai hembusan angin kencang. “Menyikapi hal tersebut, kami harapkan masyarakat bisa lebih waspada saat tibanya musim-musim seperti ini,” ujarnya.

Bila perlu, pohon besar yang tumbuh dipinggir jalan atau rumah tinggal penduduk, ditebang saja sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kata Kapolsek Banjarangkan.

Untuk melancarkan kegiatan memindahkan bagian dahan dan ranting-ranting pohon, beberapa personel juga ditugaskan untuk mengatur arus lalu lintas di sepanjang jalan yang menuju lokasi pohon tumbang, ucapnya.

Sementara guna menghindari timbulnya atrean kendaraan yang semakin memanjang, sebagian pemakai jalan telah dialihkan oleh petugas untuk lewat ke jalan-jalan altertatif.  (LE-KL)

Lenteraesai.id