judul gambar
HeadlinesKarangasem

BPBD Terjunkan Alat Berat Singkirkan Batang Pohon yang Sumpal Jalan di Tirta Gangga

Karangasem, LenteraEsai.id – BPBD Kabupaten Karangasem akhirnya menurunkan alat berat untuk bisa mengangkat dan menyingkirkan batang pohon cukup besar yang menyumpal atau melintang di jalan raya Tirta Gangga, Banjar Dinas Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Alat berat milik PU (Balai Jalan Nasional PJN 2 Bali) itu, dikerahkan ke tempat kejadian pada Sabtu (9/1) pagi sehubungan sebatang pohon yang tumbang setelah tersapu angin kencang hari Jumat (8/1) lalu, sulit untuk dapat disingkirkan dari jalan raya hanya dengan perangkat seadanya.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, hasil koordinasi pihaknya dengan PU akhirnya diputuskan untuk menurunkan alat berat guna bisa menggeser batang pohon yang masih tersisa, setelah kemarin sebagian bisa dibersihkan dari badan jalan.

“Sisa batangan pohon yang tumbang tersebut berukuran sangat besar, hanya alat berat yang bisa mengangkatnya,” ujar Arimbawa, menjelaskan.

Saat ini, tim BPBD yang dibantu petugas PU (Balai Jalan Nasional PJN 2 Bali) sudah selesai melakukan penanganan, dan akses jalan raya sudah kembali normal seperti biasa.

Seperti yang telah diberitakan, sebatang pohon jenis belalu sepanjang 15 meter dengan garis tengah 1 meter, Jumat siang tumbang dan menutup seluruh ruas badan jalan raya di daerah Tirta Gangga, Banjar Tanah Lengis.

Begitu menerima laporan adanya pohon yang tumbang hingga arus lalu lintas dari kedua arah macet total, tim BPBD langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penanganan.

“Namun karena hari beburu petang, ditambah dengan wujud fisik batangan pohon yang tak mungkin dapat ditangani secara manual, akhirnya diputuskan untuk mengerahkan alat berat pada hari ini,” ujar Arimbawa, menandaskan.

Setelah seluruh batang dan ranting pohon dapat disingkirkan dari badan jalan raya, arus lalu lintas kini kembali dapat berlansung seperti sediakala.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id