judul gambar
BadungHeadlines

Masa Pandemi, Discovery Kartika Plaza Siap Layani Wisdom

Kuta, LenteraEsai.id – Masa pandemi Covid-19 telah membuat wisatawan, khususunya dari mancanegara tidak bisa berkunjung ke Pulau Bali untuk menikmati liburan.

Hal ini telah disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster pada Sabtu (22/8/2020) lalu. Keputusan ini menimbulkan dampak besar bagi industri pariwisata di Bali, salah satunya perhotelan. Setelah hampir 6 bulan sejak pandemi Covid-19 mewabah dan menghentikan industri pariwisata, kemudian ditambah 4 atau 5 bulan lagi, tentu bukan hal yang mudah untuk dihadapi.

Menanggapi pemberitaan dan perkembangan situasi ini, pihak Discovery Kartika Plaza Hotel segera mengambil langkah-langkah agar hotelnya dapat tetap bisa beroperasi dan buka seperti biasa. Yakni dengan tetap melayani wisatawan domestik (wisdom) dan lokal.

Melalui rilis pada media pada Jumat (25/9/2020), Pandu Djojoadisoeprapto selaku Executive Assistant Manager Hotel menjelaskan bahwa tujuan utama Discovery Kartika Plaza Hotel untuk tetap buka selama masa pandemi Covid-19 ini merupakan sebuah usaha untuk menjaga eksistensi pariwisata di Bali, khususnya di wilayah Kuta. Walaupun dianggap sangat berat, namun Discovery Kartika Plaza Hotel berusaha sebaik mungkin untuk bisa bertahan.

Imbauan positif juga disampaikan manajemen Discovery Kartika Plaza Hotel agar semua staf hotel menyikapi situasi ini dengan selalu bersikap positif, sabar dan tetap melayani tamu dangan baik juga terus berjuang untuk nama pariwisata Bali.

“Kami sadar betul situasi ini berat, tapi kalau menyerah sekarang nama pariwisata Bali jadi taruhannya. Jadi kami harus sabar, kompak, tetap optimis, selalu bepikiran positif dan terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Masih ada tamu lokal dan domestik yang harus dilayani dengan baik, ujar Pandu.

Beberapa hal yang telah dilakukan manajemen Discovery Kartika Plaza Hotel dalam menghadapi perkembangan situasis saat ini adalah dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam segala hal, baik itu penetapan harga jual maupun pengelolaan biaya operasional, dan terus memotifasi timnya untuk tetap bersemangat memberikan pelayanan yang terbaik.

Paket promosi dan diskon menarik dengan harga jual yang terus disesuaikan dengan daya beli masyarakat lokal dan domestik saat ini juga telah ditawarkan oleh Discovery Kartika Plaza Hotel. Semata-mata semua ini dilakukan agar wisatawan domestik dapat terus datang ke Bali dan masyarakat dapat ikut menikmati fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di hotel ini.

Pada prinsipnya yang kami lakukan sekarang itu penyesuaian, beradaptasi dengan situasi. Kita lihat kemampuan pembeli berapa, kita sesuaikan harga jual dan biaya yang keluar, tapi jangan mengurangi mutu pelayanan, karena kualitas mutu pelayanan sangat mempengaruhi nama besar pariwisata Bali yang terkenal dengan pelayanannya yang professional, ramah dan jujur. Ini yang harus terus kita perjuangkan, bukan sekedar mau kasih harga murah untuk dapat uang saja, tapi kita harus jaga betul nama pariwisata Bali supaya tetap baik dan exist,” ujar Pandu, menekankan.

Discovery Kartika Plaza Hotel yang telah menerima Serifikat Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali ini dalam kesehariannya selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat agar tingkat resiko penyebaran Covid-19 benar-benar zero, baik itu untuk keselamatan dan kesehatan tamu maupun untuk karyawan yang sedang bekerja di hotel.

Selain menawarkan paket-paket menarik untuk menginap di hotel, Discovery Kartika Plaza Hotel juga menawarkan paket ‘Work from Hotel’ dan ‘Infinite Retreat Package’ yang diperuntukkan bagi tamu yang hendak tinggal lama di hotel disebabkan karena beberapa alasan seperti tempat tinggalnya sedang masuk dalam zona merah Covid-19, sehingga mereka harus pindah sementara untuk menghindari terpapar Covid-19 atau karena harus melakukan karantina mandiri sesuai aturan protocol kesehatan ODP wilayah Bali.

Hal lain yang juga sangat menjadi perhatian manajemen hotel ini adalah kesehatan karyawan. Kesehatan karyawan menjadi sangat penting bagi hotel agar karyawan tetap dapat memberikan pelayan terbaik dengan keterbatasan-keterbatasan yang  ada. Saat ini kita minta tolong staf yang on duty untuk bantu-bantu, kerja extra hours, jadi kita harus jaga stamina mereka, dengan vitamin, ajak olahraga pagi, kasih waktu istirahat yang cukup dan sebagainya. Memang berat kalau dipikir berat, tapi kalau di jalani dengan ikhlas dan sabar semua pasti jadi lebih mudah dan ringan,” katas Pandu, mengingatkan.

Pandu juga berharap pemerintah pusat dan daerah-daerah lain dapat membantu pariwisata Bali dengan mengadakan kegiatan-kegiatan di Bali, baik itu dari kementerian maupun instansi-instasi pemerintah lainnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Begitu juga dengan kegiatan perusahaan-perusahaan swasta yang lain dapat dilakukan di Bali agar denyut nadi kehidupan pariwisata dapat tetap hidup dan bertahan melewati masa-masa kritis kali ini, ucapnya.  (LE-KT)

Lenteraesai.id