judul gambar
DenpasarHeadlines

Di Denpasar, Kasus Sembuh Harian Melonjak 14 Orang, Positif Tercatat 11 Orang

Denpasar, LenteraEsai.id – Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mengalami lonjakan pada Sabtu (29/8). Di mana, penambahan pasien sembuh tercatat sebanyak 14 orang. Sementara itu, pasien positif juga bertambah sebanyak 11 orang yang tersebar di 9 wilayah desa/kelurahan.

“Update perkembangan Covid-19 di Kota Denpasar, pasien sembuh bertambah 14 orang, dan kasus positif bertambah sebanyak 11 yang tersebar di 9 desa/kelurahan. Kembali kami ingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar di Press Room Kantor Wali Kota, Sabtu (29/8).

Dewa Rai merinci bahwa 9 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif yakni Kelurahan Dauh Puri dan Desa Dangin Puri Kangin mencatatkan penambahan kasus positif masing-masing sebanyak 2 orang. Sedangkan 7 desa/kelurahan lainya mencatatkan masing-masing 1 kasus positif, yakni Desa Dangin Puri Kauh, Desa Tegal Harum, Kelurahan Peguyangan, Desa Dauh Puri Kaja, Desa Ubung Kaja, Desa Sanur Kaja, dan Kelurahan Tonja. Sedangkan sebanyak 36 desa/kelurahan lainya untuk sementara nihil penambahan kasus positif.

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan, angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif Covid-19 masih fluktuatif di Kota Denpasar. Di mana, di tengah banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif Covid-19. Karenanya diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di masyarakat, mulai dari cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. Terlebih saat ini warga bersama-sama sedang bersiap untuk pemulihan ekonomi daerah dan nasional.

Dewa Rai menambahkan, pihaknya tidak henti-hentinya mengingatkan kepada warga, walaupun saat ini sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan aktivitas masyarakat yang mulai kembali ke rutinitasnya, namun kasus positif baru di internal keluarga, tempat kerja dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah masih menunjukan peningkatan. Klaster baru inilah yang patut diwaspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar.

“Masyarakat diharapkan lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi,” ujar Dewa Rai

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas. Karena dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Secara kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 1.593 kasus, sementara itu, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar menjadi 1.490 (93,53 persen), 16 (1,01 persen) orang meninggal dunia, dan 87 (5,46 persen) orang masih dalam perawatan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id