HeadlinesKarangasem

KPU Karangasem Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih

Karangasem, LenteraEsai.id – KPU Kabupaten Karangasem menggelar rapat koordinasi persiapan pemutakhiran data pemilih, bertempat di ruang rapat Aula Pemerintah Kabupaten Karangasem, Rabu (29/7).

Rapat koordinasi putaran pertama itu dilakukan dengan mengundang para ketua PPK dan ketua PPS di 4 kecamatan, dan 4 kecamatan lain akan diundang pada putaran kedua Kamis, 30 Juli 2020.

Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Karangasem Krisna Adi Widana. Dalam rapat dipaparkan bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020, saat ini masih dalam suasana mewabahnya Covid-19.

Mengingat itu, kata Krisna, diperlukan pemilikiran yang serius agar nantinya pelaksanaan pemungutan suara dapat meminimalisir penularan virus, utamanya di areal tempat pemungutan suara (TPS).

Guna mencegah itu, Krisna menekankan bahwa semua bentuk kegiatan terkait pelaksanaan pilkada harus dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan, seperti memakai masker dan mengatur jarak para pengunjung di TPS.

“Penekanan terpenting pada pelaksanaan tahapan pemungutan suara adalah jumlah pemilih yang berada di tiap TPS, serta penerapan jaga jarak atau social distancing sesuai protocol kesehatan yang diatur selama masa pandemik Covid-19,” ucap Krisna, menegaskan.

Ia menyebutkan, pada hari pencoblosan, di setiap TPS diberlakukan syarat khusus, antara lain jumlah pemilih harus dibatasi maksimal 500 orang, tidak menggabungkan pemilih dari desa dan kelurahan yang berbeda pada TPS yang sama, tidak memisahkan pemilih dalam satu dusun,  tidak memisahkan keluarga di TPS yang berbeda, dan tetap memperhatikan aspek geografi.

Dalam data pemilih disebutkan elemen data pemilih yang meliputi No KK, NIK, nama, tanggal lahir, status kawin, jenis kelamin, alamat banjar dinas atau lingkungan, disabilitas, E-KTP dan TPS, ujarnya.

Rapat koordinasi tampak berjalan dengan lancar dan selesai pemaparan oleh ketua KPU, selanjutnya dilakukan tanya jawab yang diwarnai dengan berbagi pertanyaan seputar pemutakhiran data pemilih. Rapat tersebut juga terlihat dihadiri oleh semua komisioner KPU Karangasem.  (LE-KR)

Lenteraesai.id