judul gambar
HeadlinesKlungkung

Banyu Pinaruh, Warga Sucikan Diri di Pantai Watu Klotok

Klungkung, LenteraEsai.id – Polres Klungkung mengerahkan personelnya melalui masing-masing Polsek jajaran dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Banyu Pinaruh, Minggu (5/7/2020).

Pengamanan dilaksanakan di sepanjang pantai di Kabupaten Klungkung, seperti Pantai Goa Lawah dan Pantai Kusamba di Kecamatan Dawan, Pantai Watu Klotok di Kecamatan Klungkung, Pantai Lepang dan Pantai Tegalbesar, Kecamatan Banjarangkan serta sejumlah pantai di Kecamatan Nusa Penida.

Saat perayaan Hari Raya Banyu Pinaruh, terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, terutama terpusat di pantai. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat, sehari setelah perayaan Hari Raya Saraswati, tepatnya pada Hari Raya Banyu Pinaruh, warga ramai-ramai memilih melakukan ritual penyucian diri di pantai dan sumber-sumber mata air lainnya.

Ritual ini dilaksanakan pagi hari saat matahari mulai menampakkan diri. Namun di tengah keramaian ritual penyucian diri, kondisi cuaca dikhawatirkan tidak menentu. Demikian pula euforia warga ditakutkan tidak mengindahkan rambu-rambu larangan mandi di laut.

Kesempatan ini juga digunakan aparat untuk sosialisasi New Normal dan edukasi yang diberikan berupa ajakan serta mengingatkan para pengunjung pantai dalam pencegahan Covid-19. Di antaranya, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan benar, dan menjaga jarak.

Kondisi ini yang diwaspadai aparat kepolisian khususnya personel Polres Klungkung.  Hal ini disebabkan dari catatan sebelumnya, saat perayaan Banyu Pinaruh beberapa kali terjadi peristiwa warga terseret ombak karena mandi terlalu ke tengah laut. Tidak itu saja, saat kondisi cuaca tidak memungkinkan, masih ada warga yang nekat ‘menantang’ ombak hingga yang bersangkutan terseret arus bahkan kemudian meregang nyawa.

“Kami tetap memantau aktivitas warga yang melaksanakan perayaan Banyu Pinaruh. Kami bersama personel juga mengimbau warga agar tetap mewaspadai kondisi gelombang,” tandas Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Gede Made Surya Atmaja P SSos MH.

Menurut dia, kegiatan anggota Polsek dan jajaran merupakan wujud pelayanan kepolisian hadir di tengah-tengah masyarakat dan selalu siap siaga dalam menjaga dan menciptakan keamanan serta ketertiban masyarakat, termasuk mengamankan jalannya perayaan Banyu Pinaruh. (LE-KL) 

Lenteraesai.id