GianyarHeadlines

Petugas Berpakaian APD Lengkap lakukan ‘Screening Test’ bagi Pengunjung RS di Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.id – Guna mencegah penularan atau penyebaran Covid-19 di area rumah sakit, beberapa petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap melakukan screening test atau pengecekan suhu tubuh serta mendata riwayat setiap pengunjung ataupun para petugas rumah sakit yang hendak masuk ke dalam Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar.

Tanpa terkecuali, para pegawai atasan termasuk dirut di rumah sakit yang kini menangani kasus Covid-19 itu pun, harus terlebih dahulu melakukan screening test sebelum memasuki kompleks RS Sanjiwani Gianyar.

Dari pantauan media ini pada Minggu (12/4/2020) pagi, tampak semua pegawai dan pengunjung atau pasien yang hendak memeriksakan kesehatannya, harus terlebih dahulku melalui proses screening test di pintu masuk kompleks rumah sakit.

Pengunjung dicek suhu tubuh terlebih dahulu kemudian ditanya tentang data diri serta riwayat terkait ada atau tidaknya keluarga satu rumah yang baru pulang dari luar negeri, bahkan sempat kontak fisik dengan mereka atau tidak.

Nantinya, bila saat screening test ditemukan pengunjung yang sempat melakukan kontak langsung dengan keluarga yang baru pulang dari luar negeri, maka akan langsung dibawa ke ruang isolasi untuk langkah pemeriksaan lebih lanjut.

Direktur Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar Dr Ida Komang Upeksa menjelaskan bahwa screening test ini sudah berjalan sekitar satu minggu yang lalu. “Screening test ini untuk mengecek semua pengunjung ataupun petugas yang hendak masuk ke rumah sakit, tanpa terkecuali. Saya pun harus dicek terlebih dahulu ketika hendak memasuki rumah sakit,” ujarnya.

Screening test ini dinilai sangat efektif dalam menekan penyebaran Covid-19 di area rumah sakit, khususnya Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar. “Ini cukup efektif sekali, kami melakukan hal ini untuk memberikan rasa tenang kepada para petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar, termasuk bagi para pengunjung yang datang,” katanya, menjelaskan. (LE-GN5)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id