judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Cok Ace: Banyak Perda dan Pergub yang Relevan dengan Industri Pariwisata

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengharapkan pelaku pariwisata di Pulau Dewata turut berperan dalam implementasi kebijakan Pemerintah Provinsi Bali lewat Perda dan Pergub yang telah dicanangkan.

“Banyak Perda dan Pergub yang relevan dengan industri pariwisata, sehingga perlu diatensi oleh kita bersama untuk dapat menjalankannya dengan baik,” kata Wagub pada Pembukaan Rakerda Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD Bali, di Renon Denpasar pada Sabutu (1/2) siang.

Wagub Cok Ace mencontohkan tentang pemasaran, pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali. “Sudah kita buat tim untuk percepatan jalannya Pergub ini. Pelaku pariwisata di hilir, harus turut serta mencari persoalan-persoalan yang menghambat berjalanya Pergub ini,” ujar penglingsir Puri Ubud tersebut.

Wagub juga menyebutkan beberapa Pergub lain yang harus dijalankan oleh semua pihak. Antara lain Pergub tentang Perlindungan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali, serta Pergub tentang Pembatasan Sampah Plastik Sekali Pakai. “Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengembalikan taksu Bali, karena mengandung kekuatan filosofi luar biasa bagi budaya dan lingkungan,” ujar mantan Bupati Gianyar ini.

Wagub Cok Ace juga mengapresiasi makin positifnya kampanye pengurangan sampah plastik dengan makin banyak hotel dan restoran yang tidak lagi menggunakan produk plastik sekali pakai. “Sedotan plastik saya lihat sudah hampir semuanya (hotel dan restoran,red) tidak menggunakan lagi. Diganti kertas atau lainnya. Ini memang terasa berat, mahal di awal, tapi ini konsekuensi bagi daerah yang ingin berubah secara lingkungan,” kata Wagub Cok Ace.

Terakhir, Wagub yang juga Ketua BPD PHRI Bali ini mengajak pelaku industri pariwisata dapat memperkuat komunikasi dan sinergi bersama pemerintah.

Sementara itu Sekretaris BPD PHRI Bali Ferry Markus menyebut Rakerda PHRI tahun 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi, terutama dengan pemerintah daerah, guna menuju pariwisata yang kebih berkualitas. (LE-DP1)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id