judul gambar
DenpasarHeadlines

Basarnas Bali Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024

Denpasar, LenteraEsai.id – Dalam mengantisipasi peningkatan moda transportasi jelang arus mudik dan balik selama Hari Raya Idul Fitri, Polda Bali bersama-sama dengan stakeholder menggelar operasi terpusat dengan sandi ‘Ketupat 2024’. Dimulainya pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar pada Rabu, 3 April 2024.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Bali Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dan dihadiri seluruh stakeholder terkait, termasuk TNI, Basarnas, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP, Jasa Raharja serta instansi terkait lainnya.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo yang dibacakan oleh Pj Gubernur Bali mengatakan berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023.

“Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait menggelar operasi terpusat yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari 4 sampai 16 April 2024” ucapnya.

Ditambahkannya, dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri atas 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) I Nyoman Sidakarya ditemui usai apel mengatakan akan mendukung sepenuhnya operasi terpusat Ketupat 2024.

“Kita selalu bersinergi dengan TNI-Polri untuk memberikan rasa aman kepada para pemudik yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ucapnya.

Diterangkannya, Basarnas Bali telah menyiapkan beberapa alut dan personel di beberapa titik yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan seperti pelabuhan dan objek wisata.

“Sebagai apa yang diamanatkan Bapak Kapolri, berbagai upaya dilaksanakan agar masyarakat dapatĀ  mudik aman, ceria dan penuh makna. Diharapkan momentum Hari Raya Idul Fitri dapat mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh warga masyarakat,” ucapnya.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id