judul gambar
BadungPendidikan

Universitas Udayana Tanda Tangani MoU dengan Universitas Bhayangkara Surabaya

Jimbaran, LenteraEsai.id – Universitas Udayana mengawali kerja sama dengan Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rektor Unud dengan Rektor Ubhara Surabaya, bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Unud Kampus Bukit Jimbaran, Senin (29/1/2024).

Dalam pelaksanaan penandatanganan MoU ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Implementation Arrangement (IA) antara Dekan Fakultas Teknik Unud dengan Dekan Fakultas Teknik Ubhara Surabaya. Turut hadir dari Ubhara Surabaya dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Teknik, Kepala Lembaga Kerja Sama, Kepala Bagian Kerja Sama Dalam Negeri, dan Ketua Program Studi Teknik Elektro. Sementara dari Unud hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi, Dekan Fakultas Teknik, Ketua UPIKS FT, dan dosen/perwakilan dari Prodi Teknologi Informasi.

Rektor Unud Prof Ngakan Putu Gede Suardana dalam kesempatan ini menyampaikan sekilas tentang profil Universitas Udayana yang saat ini memiliki 13 fakultas dan satu program pascasarjana dengan 123 program studi. Saat ini Unud berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan sedang berproses ke PTNBH, serta akreditasi universitas saat ini berstatus unggul.

Pihaknya sangat terbuka untuk kerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan berbagai perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun perusahaan dalam rangka membangun kerja sama sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu, Rektor mempersilakan pihak Ubhara Surabaya untuk mengajukan kerja sama yang bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan teknis dengan berbagai fakultas yang sesuai di Universitas Udayana, sehingga dapat saling mengisi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing institusi.

Sementara, Rektor Ubhara Surabaya Irjen Pol (Purn) Anton Setiadji mengatakan bahwa Ubhara Surabaya saat ini memiliki 4 fakultas dan baru memiliki 11 program studi. Banyak hal yang masih harus dipelajari oleh Ubhara dan untuk itu membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan Universitas Udayana. Pihaknya akan banyak belajar di Universitas Udayana salah satunya dengan Fakultas Teknik, sehingga banyak hal yang mungkin bisa dikembangkan di program studi di masa yang akan datang. Ubhara Surabaya juga telah menjalin berbagai kerja sama di antaranya dengan tiga pemerintah daerah di Jawa Timur, Kanwil Pajak, serta perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta dan berbagai perusahaan di Jawa Timur.

Rektor Ubhara mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah dijalin dengan Universitas Udayana, harapannya baik staf maupun kegiatan tri dharma lainnya dapat dikerjasamakan kedua belah pihak.

Lenteraesai.id