judul gambar
DenpasarHeadlines

Kobaran Api Padam Total, Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung Dinyatakan Berakhir

Denpasar, LenteraEsai.id – Setelah lebih dari satu bulan lamanya si jago merah mengamuk di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Suwung, Kota Denpasar, akhirnya titik-titik api yang sempat tersebar di areal yang luasnya hektaran itu, kini seluruhnya telah berhasil diatasi.

Seiring dengan telah padamnya kobaran api secara total, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara secara resmi menetapkan berakhirnya Status Darurat Bencana Kebakaran di TPA Suwung, Kota Denpasar. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Wali Kota Denpasar Nomor 188.45/2651/HK/2023 tertanggal 16 November 2023. Di mana, berdasarkan kajian BPBD dan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar serta melihat kondisi di lapangan, bahwa titik-titik api dan asap sudah padam menyeluruh atau 100 persen.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat dikonfirmasi Minggu (19/11/2023) menjelaskan, kondisi terkini penanganan kebakaran TPA Suwung menunjukan tren positif. Di mana seluruh titik api sudah berhasil dipadamkan. Sehingga operasi penanganan telah dihentikan dengan berkahirnya status darurat bencana kebakaran di TPA tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan, meski api telah padam dan titik-titik asap sudah berhasil ditangani, pemantauan dan kesiapsiagaan terus dilaksanakan. Sehingga setelah masa darurat ini berkahir, Tim BPBD bersama Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar akan rutin melaksanakan pemantauan. Hal ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dikarenakan api telah padam menyeluruh, maka kami putuskan bahwa Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung telah berakhir,” ujar Jaya Negara, menjelaskan.

Ditambahkannya, setelah dinyatakan padam menyeluruh, saat ini fokus penanganan pascakebakaran yang akan dilaksanakan oleh pihak UPT Pengolahan Sampah TPA Suwung di bawah kendali Pemerintah Provinsi Bali. Sehingga diharapkan dapat mendukung optimalisasi pengiriman sampah Kota Denpasar ke TPA tersebut. Sehingga pengangkutan sampah di TPS, TPS3R dan Swakelola dapat terus dioptimalkan.

“Semoga dengan berakhirnya status darurat bencana kebakaran ini, penanganan sampah di Kota Denpasar dapat terus dioptimalkan,” kata Wali Kota Jaya Negara.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana yang dihubungi terpisah, membenarkan bahwa Tim BPBD bersama Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar masih terus melaksanakan pemantauan. Selain itu, pihaknya bersama UPT Pengolahan Sampah TPA Suwung telah menyiagakan truk tanki air sebagai langkah antisipasi.

“Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung memang sudah berkahir, namun pemantauan akan terus kami laksanakan bersama sebagai langkah antisipasi,” ujarnya, menandaskan.

Pewarta: Pande Aubade
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id