HeadlinesTabanan

Jelang Pemilu Serentak 2024, Bupati Sanjaya Lepas Kirab Bendera Parpol Peserta Pemilu

Tabanan, LenteraEsai.id – Sebagai wujud dukungan terhadap pesta demokrasi rakyat jelang Pemilihan Umum Serentak tahun 2024 mendatang, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam rangka sosialiasi dan pendidikan pemilih pemilihan umum 2024 yang dirangkaikan dengan Kirab Bendera Parpol peserta pemilu, di Taman Kota Bung Karno, Jumat sore (18/8).

Hadir dalam kegiatan, Ketua KPU Provinsi Bali, Wakil Bupati Tabanan, Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Ketua KPU Kabupaten Badung, Sekda Tabanan, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekretaris KPU Provinsi Bali, Para OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, para kepala bagian di lingkungan Setda Tabanan, serta Ketua/Perwakilan Partai peserta pemilu serentak tahun 2023.

Dalam kegiatan sosialisasi bertemakan “Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa” yang dirangkaikan dengan kirab pemilu 2023 tersebut, Bupati Sanjaya sampaikan beberapa hal penting ke hadapan para hadirin. Di antara lain, terkait pentingnya pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia, oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi pelaksana pemilu untuk memastikan seluruh masyarakat tahu dan terlibat secara aktif dalam event akbar ini. Oleh sebab itu, sosialisasi dan pendidikan ini menjadi sangat penting guna memastikan mereka mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka.

“Dalam rangka sosialisasi dan pendidikan bagi para pemilih tersebut, saya sangat berharap KPU Kabupaten Tabanan dapat merumuskan langkah-langkah strategis yang out of the box, sehingga ada pendekatan-pendekatan kultural khas masyarakat Tabanan, misalnya bagaimana mendekati kaum milenial dengan alam pikir mereka” papar Sanjaya. Terobosan seperti itulah yang sangat diharapkan, sehingga dapat menyentuh semua aspek masyarakat yang tujuannya agar mampu meningkatkan peran aktif mereka.

Di kesempatan itu, kepada para peserta pemilu, pihaknya juga berharap dapat mampu menampilkan sisi kompetisi yang sehat. “Mari kita berikan pelajaran politik yang mencerahkan kepada masyarakat, sehingga kedepannya pemilu tidak hanya sukses secara pelaksanaan, tetapi juga sukses dalam membangun kesadaran politik kebangsaan” imbuhnya. Rute yang akan dilalui oleh kirab bendera nantinya yakni dimulai dari Gedung Maria, jalan gunung agung, jalan gunung semeru, jalan gajah mada, jl kaswari, jl parkit dan kembali ke Gedung Maria.

Selanjutnya, kepada seluruh masyarakat dan pihak pengamanan Sanjaya juga menghimbau, untuk memastikan seluruh masyrakat dapat terlibat dengan penuh kegembiraan, tidak ada intimidasi dan rasa takut, semuanya harus terbuka dan merayakan event pemilu ini dengan rasa suka dan gembira. “inilah harapan utama kita di Kabupaten Tabanan, sehingga Visi kita bersama yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, betul-betul dapat kita capai, khususnya dari aspek rasa aman” ujarnya lebih lanjut.

Adapun kegiatan serah terima kirab ini merupakan agenda dari pusat, sebagaimana disampaikan oleh Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, bahwa Tabanan merupakan Kabupaten ke-7 Provinsi Bali yang menerima bendera kirab, dari 18 parpol yang ada di Indonesia, hingga tanggal 24 mendatang.

“Apresiasi sebesarnya kami sampaikan kepada Bupati Tabanan dan seluruh jajaran, kita selalu menjaga kedekatan yang sama dengan seluruh partai politik, dan hari ini juga bertepatan dengan penetapan daftar calon sementara dan besok akan kita umumkan di media massa” terangnya. (LE/Vik)

Lenteraesai.id