Pendidikan

Minpro Hewan Kesayangan FKH Unud Gelar Kuliah Umum Kesehatan Mental Pada Anjing

Jimbaran, LenteraEsai.id – Pada Minggu, 7 Mei 2023, telah dilaksanakan Kuliah Umum 1 Minpro P-LO 2023 secara semi online, di mana para peserta hadir online melalui aplikasi Cisco Webex Meeting, sedangkan panitia hadir offline di Ruang Sidang lantai 3 FKH Udayana Jimbaran, Badung. Kuliah umum ini mengangkat tema ‘Understanding Your Pets: Everything you need to know about dogs mental health’ dengan pembicara yang sangat berpengalaman yaitu drh Ulfi Nurul Fadlilah.

Kuliah Umum 1 Minpro P-LO 2023 merupakan kegiatan yang adalah salah satu program kerja dari Minat Profesi Pet Learning Organization (P-LO) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Kegiatan ini diadakan setiap tahun dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana agar nantinya dapat menjadi dokter hewan yang paham serta mengerti tentang gangguan kesehatan mental pada anjing.

Dalam kegiatan ini tidak lupa mengundang jajaran dekanat dan pemimpin senat, yaitu menghadirkan Dekan FKH Udayana, Wakil Dekan III FKH Udayana, Pembina Minpro P-LO, Ketua Umum DPM, Ketua dan Wakil Ketua BEM, Pemimpin Umum LPM Suara Satwa, Pengawas dari DPM, Ketua Bidang PSDM serta Ketua Minat Profesi di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

“Harapan saya nantinya setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah umum ini tidak hanya sekedar mengharapkan SKP, akan tetapi betul-betul mendengarkan dan memahami dengan serius apa yang disampaikan oleh pemateri terkait kesehatan mental pada anjing, yang nantinya juga pasti akan bermanfaat bagi mahasiswa setelah menjadi dokter hewan,” ungkap Prof Dr Drh I Nyoman Suartha MSi, selaku Dekan FKH Unud.

Acara dimulai dengan laporan kegiatan dari ketua panitia, lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Minpro P-LO atau yang mewakili. Setelah itu sambutan oleh Ketua BEM dan dilanjutkan sambutan oleh Pembina Minpro P-LO, dan yang terakhir sambutan Dekan FKH Udayana sekaligus membuka acara.

Selanjutnya adalah acara utama yaitu pemaparan materi oleh drh Ulfi Nurul Fadlilah yang menyampaikan beberapa poin tentang pengertian mental health pada anjing. Kemudian hubungan antara mental health dengan animal walfare dan lima prinsip kebebasan hewan. Dikatakan, jenis stress pada anjing ada tiga, yaitu fear: naluri external, phobia: membuat anjing melakukan behavior tertentu seperti menggaruk-garuk telinga yang apabila dilakukan berlebihan maka perlu pengobatan, anxiety: kecemasan ketika ditinggal oleh pemiliknya.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi diskusi ini peserta terlihat sangat aktif bertanya kepada pembicara. Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan, salah satunya adalah “Bagaimana cara menghandle anjing dengan trauma?”. Pada sesi pemaparan materi diakhiri dengan pemberian sertifikat dan dokumentasi bersama peserta dan pembicara.

Sesi selanjutnya adalah ice breaking. Di sesi ini peserta diajak untuk bermain games, di mana pemenang games akan mendapatkan doorprize berupa uang. Acara berjalan lancar dari awal hingga akhir, harapannya mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana nantinya dapat menjadi dokter hewan yang paham serta mengerti tentang gangguan kesehatan mewww.unud.ac.idntal pada anjing. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id