judul gambar
GianyarHeadlines

Sebanyak 30 Lulusan Akademi Paradigta Kewirausahaan Gianyar Diwisuda

Gianyar, LenteraEsai.id – Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Gianyar menggelar wisuda bagi 30 wisudawan lulusan Akademi Paradigta Kewirausahaan di Balai Budaya Gianyar, Rabu (17/5) pagi.

Akademi Paradigta Kewirausahaan sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan terstruktur bagi kader Pekka di wilayah pedesaan agar dapat terlibat aktif dalam proses pengambilan keputusan di wilayahnya. Total peserta yang berhasil menyelesaikan pendidikan sebanyak 30 orang.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Gianyar dalam sambutan yang dibacakan Kabid Pemberdayaan Perempuan, I Ketut Suleman, menyampaikan melalui Akademi Paradigta, Pekka mengakumulasi pengalaman komunitas perempuan kepala keluarga yang telah terlatih dan memimpin perubahan di masyarakat dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk warga disabilitas.

Ke depan, alumni Akademi Paradigta Kewirausahaan akan mampu terlibat aktif dalam pemulihan ekonomi pascapandemi dengan menjadi perempuan penggerak untuk mengorganisir kelompok usaha di desanya masing-masing. “Ini menjadi awal untuk melaksanakan penerapan pelatihan di masyarakat, yakni apa yang sudah diberikan oleh Yayasan Pekka,” ujarnya.

Ni Putu Astrini, ketua panitia kegiatan mengatakan, dengan terlaksananya wisuda Akademi Paradigta Kewirausahaan tentu telah melahirkan perempuan yang telah terlatih dan mampu memimpin perubahan di masyarakat. Sejak tahun 2022 Akademi Paradigta Kewirausahaan Kabupaten Gianyar dilaksanakan di 4 desa yakni Desa Sidan, Bakbakan, Petak, dan Desa Bitera.

Selama mengikuti pendidikan para peserta telah belajar melalui berbagi pengetahuan, keterampilan, prilaku yang mempengaruhi sistem perekonomian di tingkat lokal hingga global melalui berbagai metode pendidikan popular. “Sistem yang diusung Pekka sama seperti mengikuti pendidikan lain, di mana diakhir pendidikan harus membuat atau menyusun karya tulis,” ujar Putu Astrini.

Lebih lanjut Putu Astrini mengungkapkan, wisuda ini bertujuan sebagai wadah akuntabilitas Akademi Paradigta sebagai penyerahan kembali para peserta kepada masyarakat luas termasuk pemerintah. Diharapkan dengan selesainya mereka menempuh pendidikan di Yayasan Pekka akan mampu berkontribusi langsung dalam memfasilitasi lebih banyak masyarakat untuk membuka peluang usaha atau menjalani usaha sesuai dengan pelatihan dan skill yang mereka miliki, ujarnya, mengharapkan. (LE-GN)

Lenteraesai.id