DenpasarHeadlines

STMIK Wicida Berkolaborasi dengan ITB STIKOM BALI Gelar Internasional Conference Publication ‘Sebatik 2022’

Denpasar, LenteraEsai.id – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Widya Cipta Dharma Samarinda menyelenggarakan kegiatan konferensi internasional bertema ‘Sebatik 2022’ di Kampus ITB STIKOM Bali. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi pada Sabtu pagi, 3 Desember 2022.

Pada saat pembukaan konferensi internasional, dihadiri oleh Wakil Rektor III ITB STIKOM Bali I Made Sarjana mewakili Rektor Dr Dadang Hermawan, Ketua STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda Dr Nursobah serta 4 orang selaku keynote speaker.

Usai kegiatan pembukaan, Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi kepada awak media menyebutkan bahwa event Internasional Conference Publication ‘Sebatik 2022’ ini terselenggara dengan baik berkat kolaborasi dengan ITB STIKOM Bali, sebagai salah satu langkah mewujudkan Indonesia Emas ke depan nanti.

“Membangun salah satu cita-cita bangsa kita adalah menuju Indonesia Emas tahun 2045. Untuk mewujudkan Indonesia Emas itu, maka diperlukan SDM yang berkualitas. Di mana salah satu produk-produk yang memproduksi SDM berkualitas itu adalah kampus. Oleh karena itu, kami berterima kasih dan bangga kepada ITB STIKOM Bali yang menjadi kampus terbaik serta terbesar di Bali. Kami STMIK Samarinda bangga atas kerja sama ini, karena kita menyadari bahwa kita tidak bisa membangun bangsa ini sendiri-sendiri,” ujar Wagub Kaltim seraya kembali menegaskan ucapan terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara Bali-Samarinda yang diharapkan menjadi titian untuk sukses bersama.

Sementara itu, Wakil Rektor III ITB STIKOM Bali I Made Sarjana menyebutkan kesiapan untuk mendukung pemerintah di dalam percepatan membangun menuju Indonesia Emas di tahun 2045. “Jadi kami siap dengan seminar internasional ini yang merupakan perwujudan itikad untuk melakukan sesuatu sebagai kontribusi bagi bangsa dan negara,” ujarnya dengan menegaskan dukungan penuh untuk kegiatan Internasional Conference Publication ‘Sebatik 2022’.

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2022 (SNSEBATIK) adalah Seminar Nasional kelima yang dilaksanakan oleh STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda dalam Rangkain Dies Natalis ke-31 STMIK WiCiDa. Sebelumnya acara ini dilaksanakan Juni 2022 secara hybrid webinar di IKN, bekerja sama dengan berbagai editor jurnal nasional dan internasional, Modern Education and Computer Science Press (MECS) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Semua paper yang dipresentasikan di SNSEBATIK tahun ini tidak lagi dipublikasikan di Prosiding, melainkan di Jurnal Terakreditasi SINTA, Jurnal Internasional, Jurnal Nasional dan HKI/IPR (Hak Kekayaan Intelektual). SNSEBATIK juga membuka kesempatan bagi para peneliti/dosen untuk bergabung menjadi invited speaker dalam seminar nasional ini. SNSEBATIK tahun 2022 diselenggarakan 2 season, season I telah dilaksanakan di IKN (23 Mei 2022) dan season II dilaksanakan secara blended offline dan online Zoom di Bali (3 Desember 2022). SNSEBATIK 2022 juga memberikan diskon yang besar bagi pemakalah SNSEBATIK tahun 2021 lalu. (LE-DP)

Lenteraesai.id