judul gambar
HeadlinesKarangasem

Bupati Gede Dana Letakkan Batu Pertama Bantuan Bedah Rumah untuk Warga Kurang Mampu

Karangasem, LenteraEsai.id – Mewujudkan impian dan harapan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah layak huni, perlahan namun pasti berhasil diwujudkan oleh Bupati Karangasem I Gede Dana dengan perjuangan melobi pemerintah pusat, provinsi dan menggandeng BUMN dalam penyaluran CSR untuk bantuan bedah rumah.

Ini menjadi komitmen Bupati Karangasem dalam menuntaskan visi-misi dan program pembangunan Pakerti Nadhi Bupati-Wakil Bupati Karangasem, untuk pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah, di antaranya dengan program bantuan bedah rumah dan rumah bersubsidi.

Pada Rabu (23/11/2022) bertepatan dengan Tilem Sasih Kelima atau bulan kelima dalam penanggalan Umat Hindu Bali, Guntur Umah Atu Graha yang merupakan hari baik atau dewasaning ayu untuk membangun atau memindahkan rumah, Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Sekda Karangasem, yang juga Ketua Korpri Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta, melaksanakan ritual peletakan batu pertama untuk pembangunan bantuan empat unit bedah rumah bagi warga di tiga lokasi di Karangasem.

Lebih rinci, empat unit bedah rumah tersebut masing-masing di Kecamatan Selat sebanyak dua unit yang diterima oleh Ni Nengah Siti warga Banjar Dinas Peringsari, Desa Duda Utara dan I Gusti Ngurah Suparta warga Banjar Dinas Santi, Desa Selat. Di Kecamatan Bebandem sebanyak satu unit yang diterima oleh I Wayan Subadra, warga Banjar Dinas Karanganyar, Desa Sibetan, dan satu unit lainnya di Kecamatan Abang yang diterima oleh I Wayan Sudiarsa, warga Banjar Dinas Purwayu, Desa Tribuana.

Usai peletakan batu pertama pembangunan bantuan bedah rumah tersebut, Bupati Dana menyampaikan jika bantuan bedah rumah tersebut merupakan kolaborasi dari Bank BPD Bali yang menyalurkan dana CSR sebesar Rp25 juta dan bantuan dari Korpri dalam rangka HUT Korpri senilai Rp15 juta, sehingga bantuan seluruhnya sebesar Rp40 juta.

“Ini komitmen kami untuk membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Karangasem yang tinggal di rumah tak layak huni, agar bisa memiliki rumah yang bersih, aman dari sisi konstruksi, nyaman dan layak untuk ditempati,” ujar Bupati Gede Dana.

Sesuai data yang dimilikinya, memang masih banyak warga yang tinggal di rumah tak layak huni. Untuk itu, pihaknya akan terus berjuang agar seluruh masyarakat yang tinggal di rumah tak layak huni di Kabupaten Karangasem bisa mendapatkan bantuan bedah rumah atau bantuan rehab rumah.

Belum lama ini, dari perjuangan Bupati Gede Dana bersama Gubernur Bali  Wayan Koster, Pemkab Karangasem mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) National Affordablle Housing Program (NAHP) Tahun Anggaran 2022 dari Pemerintah Pusat senilai Rp4,7 miliar.

Tidak hanya itu, untuk mempercepat penuntasan program bantuan bedah rumah sebagai upaya penyediaan rumah yang layak huni, yang sehat, aman dan nyaman untuk warga kurang mampu atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Karangasem, Bupati Dana juga menggandeng BUMN yang memiliki dana CSR dan pihak swasta.

Dengan demikian, kata Bupati Gede Dana, pihaknya optimistis warga yang tinggal di rumah tak layak huni sesuai data yang dimiliki, bisa segera dientaskan dengan bantuan bedah rumah tersebut.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id