judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

PJ Bupati Lihadnyana Minta PAD Buleleng Digenjot Maksimal

Singaraja, LenteraEsai.id – Menjelang tutup tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menggelar Rapat Koordinasi membahas tentang Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), di ruang rapat Rumah Jabatan Bupati Buleleng di Singaraja, Jumat (4/11).

Rakor yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ir Ketut Lihadnyana MMA itu, diikuti para pimpinan SKPD penghasil di lingkup Pemkab Buleleng, dan pimpinan Perusahaan Daerah Kabupaten Buleleng. Selain itu, hadir pula Sekda Buleleng Drs Gede Suyasa Md dan para Asisten Setda Buleleng.

Di hadapan peserta Rakor, para pimpinan SKPD secara bergantian memaparkan realisasi anggaran yang sudah berjalan sampai tanggal 31 Oktober 2022. Secara keseluruhan, realisasi PAD menunjukan kinerja yang cukup baik, walaupun persentasenya belum mencapai 75 persen dari target anggaran tahun berjalan.

Saat ini, realisasi anggaran PAD Kabupaten Buleleng baru mencapai 71,49 persen, yakni sebesar Rp340 miliar lebih dari anggaran yang ditetepkan sebesar Rp476 miliar lebih.

Dari pemaparan tersebut, ada beberapa realisasi yang belum mencapai target. Sehingga, hal ini menjadi penekanan untuk para pimpinan SKPD agar dapat menggenjot realisasi hingga mencapai target sesuai dengan yang sudah dianggarkan.

Ditemui usai memimpin rapat, Pj Bupati Lihadnyana menegaskan, Pemkab Buleleng harus meningkatkan penghasilan PAD. Seluruh penyumbang PAD yang ada di Kabupaten Buleleng harus dapat dimaksimalkan. Misalnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Retribusi Parkir, Pajak Reklame dan penyumbang PAD lainnya.

“PAD itu adalah darah dari sebuah pembangunan. Makanya, dari sebelas urusan kewenangan potensi pajak kita itu, kita coba maksimalkan untuk meningkatkan PAD kita, sehingga pembangunan bisa lebih kita perluas,” ucapnya, menekankan.

Menurut Pj Bupati Lihadnyana, peningkatan PAD akan mampu memberikan peningkatan keseluruh sektor, baik itu pembangunan maupun palayanan kepada masyarakat.

“Setelah itu pelayan juga bisa lebih kita tingkatkan, serta kesejahteraan masyarakat mudah-mudahan bisa kita wujudkan, seperti itu,” katanya, menjelaskan.  (LE-BL1)

Lenteraesai.id