judul gambar
HeadlinesPendidikan

Prodi Agroekotekologi FP Unud Adakan Coaching Clinic dengan Tema RPS OBE (Case Method)

Denpasar, LenteraEsai.id – Prodi Agroekotekologi Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) mengadakan ‘Coaching Clinic’ dengan tema RPS OBE (Case Method) dan Metode TPB (Team Based Project), bertempat di Ruang Senat FT Unud Gedung Agrokompleks Lantai 2, Fakultas Pertanian Universitas Udayana pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Coaching Clinic dilakukan secara Hybrid lewat Webex dan secara offline. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen Prodi Agroekoteknologi, secara offline dihadiri juga oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Ir Ni Luh Kartini MS, Koprodi Agroekoteknologi FP Dr Ida Ayu Putri Darmawati SP MP dan I Putu Sudiarta SP MSi PhD selaku Ketua UP3M sekaligus sebagai narasumber.

Coaching Clinic dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Ir Ni Luh Kartini MS, yang dalam sambutannya sangat mengekpresi kegiatan ini, karena pada saat sekarang semua kegiatan akademi berhubungan dengan IKU 7 (Indikator Kinerja Utama), sehingga untuk itu perlu diupgrade terus RPS kita mengikuti RPS OBE dan Metode TPB sesuai dengan pencapaian Kinerja Utama bagi Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

I Putu Sudiarta SP MSi PhD yang selain sebagai narasumber juga selaku Ketua UP3M Fakultas Pertanian, mengemukakan untuk mewujudkan Transformasi Pendidikan Tinggi melalui 8 Indikator Kinerja Utama (IKU), salah satunya adalah mengimplementasikan IKU 7 yakni kelas yang kolaboratif dan partisfatif. Selama ini RPS di Prodi Agroekoteknologi belum mengimplementasikan RPS OBE dan Metode TPB, sehingga diharap setelah pelaksanaan Coaching Clinic Penyusunan RPS berdasarkan RPS OBE dan Metode TPB dalam proses pembelajaran di Fakultas Pertanian wajib dilakukan.

Selanjutnya untuk Metode Pembelajaran dalam OBE dan TPB dapat dipilih pelaksanaannya melalui diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah atau metode pembelajaran lain yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Ditambahkan pula oleh I Putu Sudiarta SP MSi PhD setiap mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabungan dari beberapa metode pembelajaran. Untuk lebih mudah peserta memahami pembelajaran dalam OBE dan TPB ditampilkan beberapa contoh implementasi Case Method dan Team Based Project.  (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id