HeadlinesPendidikan

Samakan Persepsi, Biro Umum Unud Selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Operator Aplikasi SAKTI

Badung, LenteraEsai.id – Biro Umum melalui Bagian Barang Milik Negara (BMN) Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) selama 3 hari dari 5 sampai 7 Oktober 2022, bertempat di Padma Resort Legian Kuta, Kabupaten Badung.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Umum Unud Ni Made Pertami Susilawati SE MM, dan diikuti oleh para operator SAKTI di lingkungan Universitas Udayana dan juga operator SAKTI dari perguruan tinggi lain di Bali, yaitu Undiksha Singaraja.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi Satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi mencakup seluruh proses pengelolaan keuangan negara pada Satker dimulai dari proses Penganggaran, Pelaksanaan, sampai dengan Pelaporan.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Umum Unud Ni Made Pertami Susilawati menyampaikan bahwa penyelenggaraan Bimtek SAKTI ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pelatihan serta penyamaan persepsi bagi para operator SAKTI. Untuk itu, Universitas Udayana menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam pengelolaan aplikasi ini dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Denpasar yakni Ni Putu Aryanti Kamadeni (Pelaksana Seksi Manajemen Sektor dan Kepatuhan Internal) dan Eka Dani Saputra (Pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi).

SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi Satker yang ada. Mempunyai fungsi utama mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI juga menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Dengan dilaksanakan Bimtek selama 3 hari ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada pada unit kerja masing-masing di perguruan tinggi. (LE-BD)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id