judul gambar
DenpasarHeadlines

Bank Sampah Mawar Banjar Tengah Peguyangan Kumpulkan 415 kg Sampah Non Organik

Denpasar, LenteraEsai.id – Upaya swakelola sampah terus dilakukan oleh Kelurahan Peguyangan, Kota Denpasar. Pada Minggu (21/8) pagi, segenap anggota dan pengelola Bank Sampah Mawar Banjar Tengah Peguyangan kembali mengundang warganya untuk turut terlibat dalam kegiatan penimbangan sampah.

Dimulai sejak pagi, warga bergantian mendatangi area Banjar Tengah Peguyangan dengan membawa serta sampah-sampah mereka. Dari total penimbangan, sebanyak 415 kg sampah plastik dan non organik lainnya berhasil terkumpul.

Lurah Peguyangan Gede Sudi Arcana saat dihubungi mengaku mengapresiasi kesediaan warganya untuk mau datang dan mengumpulkan sampah-sampah itu.

“Kegiatan ini akan rutin kami lakukan setiap minggu ketiga. Ini juga sebagai bentuk edukasi pada warga, agar tetap mau memilah sampah di rumah tangga masing-masing sebelum membuang ke tempat pembuangan akhir,” ungkap Gede Arcana.

Kegiatan penimbangan sampah di Bank Sampah Mawar, sebagai salah satu titik penimbangan dalam hal sampah menurut Gede Arcana tergolong aktif.

“Memang perlu perlahan lahan, pemberian pemahaman terkait pengelolaan sampah di masyarakat. Kami ingin warga kami teredukasi dengan baik, perihal pemanfaatan sampah organik yang masih bisa diolah menjadi kompos. Maka untuk itu kami tidak bosan selalu menyuarakan hal ini,” lanjut Gede Arcana.

Untuk memancing animo masyarakat agar mau turut terlibat dalam penimbangan sampah, ke depannya Kelurahan Peguyangan akan menyiapkan semacam reward dalam bentuk hadiah atau doorprize kepada warganya yang rajin mengumpulkan sampah saat penimbangan.

“Maka kami mengimbau, ayo para warga, gunakan kesempatan untuk memanfaatkan keberadaan bank sampah untuk lebih tahu dan tepat sasaran dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Kami memiliki catatan pada buku kami, sehingga terdata siapa saja warga yang aktif pada kegiatan tersebut,” ungkap Gede Arcana, menandaskan. (LE-DP)

Lenteraesai.id