judul gambar
DenpasarHeadlines

Rayakan HUT Perdana, PD KMHDI Bali Genap Berusia 27th

Denpasar, LenteraEsai.id – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali untuk pertama kali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-27 pada Jumat (12/8), sementara pada tahun-tahun terdahulu belum pernah dirayakan.

Perayaan HUT ini dilaksanakan secara sederhana di Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate ini diisi dengan sharing bersama Forum Alumni (FA) KMHDI disertai dengan pemotongan tumpeng. Pada perayaan HUT yang ke-27 tahun ini, PD KMHDI Bali mengusung tema Bali Bangkit Muda Berintegritas.

Ni Kadek Putu Ari selaku Ketua Panitia HUT PD KMHDI Bali mengungkapkan, tema tersebut memiliki makna penting di tengah situasi pemulihan ekonomi saat ini. Peran pemuda begitu berarti dalam membangun kembali pilar-pilar ekonomi, sosial, pendidikan dan kebudayaan.

“Sehingga dengan mengambil tema tersebut, mampu memberikan semangat kepada kita sebagai generasi muda dan kader KMHDI agar dapat mengarahkan roda organisasi ini menuju kebermanfaatan dan dapat bersinergi dengan lembaga pemerintahan, organisasi kepemudaan, dan masyarakat guna membangkitkan Bali ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Putu Esa Purwita selaku Ketua PD KMHDI Bali mengungkapkan ini merupakan perayaan perdana HUT PD KMHDI Bali yang ke-27 tahun, dikarenakan informasi yang simpang siur kapan tepatnya PD KMHDI Bali terbentuk. Hingga kali ini diusia yang ke-27 tahun, dapat ditentukan bahwa PD KMHDI Bali ada sejak tanggal 12 Agustus 1995. Pihaknya juga berharap HUT berikutnya dapat dirayakan dan dimaknai lebih dari perayaan kali ini.

“Ini merupakan perayaan perdana HUT PD KMHDI Bali, karena selama ini terdapat beberapa arsip dokumen yang memiliki informasi berbeda terkait awal mula terbentuknya PD KMHDI Bali. Namun saat ini saya sudah mengetahui bahwa 12 Agustus merupakan hari jadi PD KMHDI Bali yang sebenarnya. Perayaan kali ini sangat sederhana dan saya berharap di tahun berikutnya kita dapat merayakan HUT PD KMHDI Bali lebih meriah lagi dan memaknainya,” ungkap Esa Purwita.

Pada acara ini, turut hadir pula Sekretaris FA KMHDI Bali yaitu Putra Widiastra. Dalam sambutannya, Putra mengungkapkan bahwa perayaan HUT tidak harus dirayakan dengan adanya acara ataupun yang lainnya. Namun, dirayakan dengan memaknai arti kata HUT itu dan lebih bisa mengaplikasikan 4 jati diri KMHDI.

“Sebenarnya perayaan HUT itu tidak harus ada acara yang meriah, namun di hari jadi ini kita harus bisa memaknai arti dari kata HUT itu dan semakin mendalami dan mengaplikasikan 4 jati diri KMHDI dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap pria yang kerap disapa Emon.

Turut hadir pula Ketua PD KMHDI Bali pertama sekaligus Presidium Pusat Forum Alumni (FA) KMHDI yaitu Ketut Udi Prayudi SE SH MH, yang tidak lupa mengucapkan selamat ulang tahun kepada PD KMHDI Bali dan berharap di usia yang ke-27 tahun ini, seluruh kader KMHDI lebih dewasa dan pantang menyerah dalam mendalami setiap kendala yang dihadapi.

Udi Prayudi juga menyampaikan agar kader KMHDI lebih mendalami AD/ART agar organisasi berjalan dengan baik sesuai dengan AD/ART yang sudah disepakati bersama. Pihaknya huga mengingatkan bahwa ber-KMHDI harus menjadi bermanfaat untuk diri sendiri, orang lain dan negara.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi kepada PD KMHDI Bali, saya harapkan di usia yang ke-27 tahun ini dapat mendewasakan segala tindakan, karena 27 tahun itu merupakan usia pendewasaan yang dimana harus dimanfaatkan dengan baik. Ingatlah bahwa ber-KMHDI itu asyik, ber-KMHDI itu harus bisa mengaplikasikan 4 jati diri KMHDI dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Udi Prayudi.

Serangkaian acara HUT PD KMHDI Bali dimulai dari Jumat (12/8) hingga Rabu (17/8), yang dimeriahkan dengan adanya lomba futsal antar-Pimpinan Cabang (PC) KMHDI se-Bali dan ditutup dengan kegiatan donor darah sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI. (LE-DP)

Lenteraesai.id