judul gambar
DenpasarHeadlines

Prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unud Lakukan Asesmen Akreditasi

Denpasar, LenteraEsai.id – Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menerima kedatangan Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) bertempat di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik Kampus Sudirman Denpasar, pasa Selasa (21/6).

Hadir dalam pembukaan asesmen yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi mewakili Rektor Unud, Ketua LP3M, Kepala UPT Perpustakaan, Perwakilan USDI, Para Wakil Dekan FK beserta Koorprodi dan jajaran serta undangan terkait.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Kedokteran Unud Dr. I Gede Eka Wiratnaya, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada tim taskforce dan seluruh pihak yang sudah membantu menyiapkan dan melaksanakan proses akreditasi ini.

“Kegiatan akreditasi yang dilaksanakan sudah disiapkan sebelumnya dan ada pendampingan dari UPM Fakultas dan Universitas melalui LP3M untuk bersama-sama menyusun dan menyiapkannya. Disamping itu juga ada pendampingan dari kolegium,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Prodi bisa meraih nilai unggul. Sebelumnya sudah ada beberapa Prodi yang meraih predikat unggul dan ada Prodi dari B menjadi unggul. “Diharapkan tahun depan semuanya bisa jadi unggul. Wakil Dekan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan juga Tim Asesor,” tegasnya.

Sementara Wakil Rektor Prof. I Putu Gede Adiatmika, menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran merupakan salah satu pendukung utama Unud, untuk itu pimpinan mendukung sepenuhnya upaya untuk menjalankan layanan akademik yang terbaik.

“LP3M telah ditugaskan mendampingi dalam penjaminan mutunya disamping itu ada LPPM dan USDI serta Perpustakaan yang diarahkan berbasis digital. Itulah upaya yang dilakukan untuk menunjang Prodi-prodi yang ada,” ungkap Dr. Gede Eka.

Terkait asesmen lapangan, Wakil Rektor turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Asesor sehingga tidak melewati masa akhir akreditasi. Mudah-mudahan dapat berproses sesuai harapan dan meraih predikat unggul.

Sementara Tim Asesor yang hadir diwakili oleh Prof. Dr. dr. Dwiyana Ocviyanti, Sp.OG(K).,MPH dan Dr. dr. H. Muhammad Rusda, M.Ked.,Sp.OG(K).

Prof. Dwiyana Ocviyanti mengatakan pihaknya ditugaskan LAM-PTKes untuk melakukan tugas di Unud untuk membuat potret dari Prodi yang akan dikirim ke LAM-PTKes. Pihaknya berharap potret yang disajikan ke validator merupakan potret terbaik dari Prodi.

“Di mana ada 9 kriteria dengan 100 butir yang lebih banyak pengawasan objective pada proses, Prodi dituntut menghadirkan bukti yang harus dikirim ke LAM-PTKes. Untuk itu agar dipaparkan apa adanya dan sebaik mungkin. Kelemahan kadang-kadang pada pencatatan yang kurang baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof. Dwiyana menginformasikan bahwa LAM-PTKes sedang berbenah saat ini, jika berhasil maka akan mendapat pengakuan internasional sehingga tidak perlu ikut lagi akreditasi internasional. Validator saat ini diawasi oleh sistem yang lebih ketat lagi.

”Syaratnya harus meraih akreditasi unggul untuk diakui internasional. Untuk itu cukup banyak dokumen yang akan diminta dan divalidasi. Sehingga harus semangat untuk menampilkan yang terbaik dan menghasilkan akreditasi setara internasional,” ungkap Prof. Dwiyana. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id