judul gambar
DenpasarHeadlines

Desa Dauh Puri Kaja Denpasar Buka Lahan Program Padat Karya Tunai

Denpasar, LenteraEsai.id – Untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Desa Dauh Puri Kaja Denpasar membuat program Padat Karya Tunai tentang Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati.

Berkenaan dengan hal tersebut, Desa Dauh Puri Kaja melakukan pembukaan lahan dalam persiapan Padat Karya Tunai Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati di Jalan Kalisari Gang I Dusun Lumintang, Kota Denpasar pada Kamis (16/6).

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta mengatakan, lahan yang disiapkan seluas 700 m2 akan digunakan untuk membuat kandang ayam dan menanam berbagai sayuran. Kandang yang dibuat tersebut akan digunakan untuk memelihara ayam kampung.

“Untuk menjalankan program ini akan dikelola oleh sebanyak 12 warga masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran,” ujar Sucipta, menjelaskan.

Menurut Sucipta, hal ini sesuai dengan tindak lanjut dari program pemerintah pusat berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya bagi miskin dan marginal.

“Bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sucipta mengatakan, hasil panen yang dilakukan akan diputar untuk membesarkan ternak ayam. Dengan adanya program padat karya tunai ini, ia berharap warga dapat terbantu dalam memenuhui kebutuhan ekonomi keluarga. “Tentunya bantuan yang diterima tidak cuma-cuma. Di sisi lain program ini dapat mendidik warga untuk ikut berpartisipasi dan  lebih aktif lagi dalam berusaha tani dan ternak,” imbuhnya.

Sucipta menambahkan, pembukaan lahan ini melibatkan warga Desa Dauh Puri Kaja, Ketua BPD, Tim Ahli Kota Denpasar, Tim Pendamping Desa Kecamatan Denpasar Utara, Klian Adat Banjar Lumintang, dan Kadus se-Desa Dauh Puri Kaja.  (LE-DP)

Lenteraesai.id