judul gambar
HeadlinesNasional

Tingkatkan Pengalaman Riset, FKH Unud dan PT Sanbio Tanda Tangani PKS

Jakarta, LenteraEsai.id – Dalam rangka meningkatkan pengalaman riset dan praktik bagi mahasiswa, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) melaksanakan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Sanbio Laboratories, pada Senin (30/5).

Dekan FKH Unud Prof Dr drh I Nyoman Suartha MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Sanbio atas kerja sama yang sudah berjalan selama ini serta yang akan dilakukan ke depannya.

“Kerja sama antara FKH Unud dengan PT Sanbio sangat penting, dikarenakan PT Sanbio bisa menjadi sarana praktik dan riset bagi mahasiswa FKH khususnya pada bidang pembuatan vaksin,” ujar Prof Suartha dalam pertemuan di Avenzel Hotel and Convention Cibubur, Jakarta itu.

Lebih lanjut, Prof Suartha menambahkan kegiatan kerja sama ini tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga kepada para dosen maupun peneliti di FKH Unud dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Menanggapi hal tersebut, Steffi Ong BSc (Hons) selaku Wakil Direktur PT Sanbio Laboratories menyampaikan terima kasih kepada FKH Unud atas kerja sama yang menciptakan banyak kegiatan yang sudah berjalan antara PT Sanbio dengan FKH Unud.

”Seperti pembuatan seed vaksin, uji lapang vaksin (H5N1 dan H9N2), serta kegiatan magang mahasiswa. Semoga kegiatan kerja sama ini dapat berlangsung seterusnya serta dapat memberikan benefit kepada kedua belah pihak,” ujar Steffi.

Di penghujung kegiatan, Prof Dr drh Gusti Ayu Yuniati Kencana MP sebagai PIC kerja sama ini menambahkan, dengan adanya kerja sama ini akan semakin meningkatkan relasi dan benefit yang baik antara kedua belah pihak, baik dari instansi hingga mahasiswa terkait.

“Sudah banyak mahasiswa kita khususnya mahasiswa S2 Kedokteran Hewan melaksanakan penelitian di PT Sanbio ini. Di mana hasil riset mereka dapat digunakan sebagai data tambah atau dasar pembuatan produk kesehatan hewan atau vaksin oleh PT Sanbio,” ujar Ayu Yuniati.

Kegiatan penandatanganan PKS ini dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, para Koordinator Program Studi, para Ketua Unit, dan tenaga kependidikan di lingkungan FKH Unud, serta drh Arini Nurhandayani, MM. selaku Factory Manager PT Sanbio Laboratories.

Setelah kegiatan penandatanganan PKS oleh kedua belah pihak,  dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke PT Sanbio Laboratories yang terletak di Bogor, Jawa Barat untuk melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang ada di sana.

Pada kesempatan ini, pihak FKH dapat melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang ada di sana seperti Ruang Seeding Vaksin, Ruang PCR serta Laboratorium Penelitian dengan Biosafety Level 3. Fasilitas-fasilitas ini sangat menunjang kegiatan PT Sanbio khususnya pada riset-riset mengenai vaksin. Sehingga dosen maupun mahasiswa FKH Unud dapat menggunakan fasilitas ini dalam penelitian mereka. (LE-JK)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id