judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Kaji ‘Teks Saraswati’, Komang Trisna Dewi Raih Doktor Linguistik di FIB Unud

Denpasar, LenteraEsai.id – Studi Linguistik Program Doktor, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) kembali menyelenggarakan promosi doktor secara hybrid dengan menghadirkan promovenda Komang Trisna Dewi, di ruang Dr Ir Soekarno, Gedung Poerbatjaraka FIB Unud Denpasar, Kamis (19/5).

Promovenda adalah dosen Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Ujian terbuka dipimpin oleh Dekan FIB Unud Dr Made Sri Satyawati SS MHum didampingi Promotor Prof Dr Ketut Artawa MA serta Kopromotor Dr Putu Sutama MS dan Dr Ni Ketut Ratna Erawati MHum.

Dalam ujian terbuka itu, Komang Trisna Dewi berhasil mempertahankan disertasi dengan judul ‘Teks Saraswati: Kajian Teks dan Konteks’. 

Setelah melalui tahapan ujian terbuka, Komang Trisna Dewi dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, serta merupakan Doktor ke-165 di FIB Unud dan Doktor ke-205 di Program Studi Linguistik Program Doktor.

Tim penguji terdiri atas Prof Dr Ketut Artawa, Dr Putu Sutama MS, Dr Ni Ketut Ratna Erawati MHum, Prof Dr I Ketut Dharma Laksana MHum, Prof Dr Wayan Cika MS, Dr Ni Made Dhanawaty MS, Dr Made Sri Satyawati SS MHum.

Dalam disertasinya, Trisna Dewi mengungkapkan bahwa proses relasional menjadi proses yang paling banyak ditemukan dalam teks Saraswati, baik teks tulis yang berjudul Tutur Aji Saraswati dan Hari Raya Saraswati, maupun teks lisan hasil wawancara dengan seorang Nabe bernama Acaryananda.

Hal ini menunjukkan betapa dekatnya Dewi Saraswati terhadap umatnya. Kajian penelitian teks Saraswati ini melahirkan relevansi ideologi teks Saraswati terhadap nilai pendidikan karakter serta peribahasa. Relevansi itu dapat digunakan untuk memotivasi masyarakat dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Prof Dr Ketut Artawa selaku promotor menyampaikan bahwa hasil penelitian atau disertasi promovenda sangat menarik karena mampu memetakan skema dan jangkauan bahasa dalam teks Saraswati serta mengungkap makna sebenarnya yang terdapat dalam teks tersebut. Dengan demikian, akan memiliki relevansi terhadap nilai dan pendidikan karakter terhadap tempat di mana teks ini diyakininya. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id