judul gambar
AdvertorialBadungHeadlines

Terima Kunjungan, FMIPA Unud Jalin Kerja Sama Dengan Fakultas MIPA Unsrat

Badung, LenteraEsai.id – Fakultas MIPA Universitas Udayana (Unud) menerima kunjungan dari pimpinan FMIPA Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dalam rangka persiapan The 3rd International Conference On Natural Sciences, Mathematics, Applications, Research, and Technology (ICON-SMART 2022) yang akan diselenggarakan secara hybrid di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali dan Zoom pada 3-4 Juni 2022.

Hadir dalam kunjungan tersebut Dekan FMIPA Unsrat Prof Dr Benny Pinontoan MSi, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Feky Recky Mantiri MSc PhD, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr Gerald H Tamuntuan SSi MSi, Ketua Panitia Icon Smart Susan Marlein Mambu SP MSi PhD, dan Kordi Sie Akomodasi Icon Smart Defny Wewengkang SPi MSc PhD.

Sementara dari FMIPA Unud yang menerima kedatangan rombongan tamu, tampak Dekan FMIPA Dra Ni Luh Watiniasih MSc Phd, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr Drs GK Gandhiadi MT, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr Drs I Made Sukadana MSi, Kepala Bagian Tata Usaha Ir Ni Made Arini, Kepala Unit Kerjasama Dra Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni MSi PhD, Kepala Unit Pengelola Data dan Informasi Agus Muliantara SKom MKom, Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kerjasama Luh Putu Martiningsih ST, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan I Gusti Ayu Agung Made Widiasih SSos, serta Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Ni Luh Darmawati SE.

Panitia ICON-SMART FMIPA Unud di antaranya Co Chair Dr Ngurah Agus Sanjaya ER SKom MKom, Wakil Sekretaris I Made Saka Wijaya SSi MSc, Publisitas I Putu Tedy Indrayana SPd MSc, Upacara dan Dokumentasi  Dewa Ayu Swastini SF MFarm Apt serta Teknologi Informasi I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra ST MCs.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA Unsrat Prof Benny menyampaikan, tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan penjajakan pengembangan berupa kerja sama MoU dan PKS yang lebih dalam untuk mengakomodasi MBKM karena MoU yang ada sejak 2020 masih belum mengakomodasi MBKM dalam pelaksanaannya.

“Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan koordinasi antara Panitia ICON-SMART Unsrat dengan Panitia ICON-SMART FMIPA Unud serta merancang lokasi dan peralatan di venue selanjutnya,” ucap Prof Benny.

Lebih lanjut, Prof Benny menambahkan bahwa selain pelaksanaan seminar internasional, rangkaian ICON-SMART juga akan melakukan pertemuan Asosiasi MIPA-Net Jejaring Kerjasama Nasional Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang MIPA serta workshop ‘Arduino-based Experiments in Research’ oleh Prince of Songkla University Thailand.

Benny menambahkan, ICON-SMART seperti diketahui merupakan acara tahunan yang menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, pendidik, dan industri untuk berbagi dan menghasilkan minat dalam penelitian terkini, aplikasi, pendidikan, dan teknologi di bidang terkait yang terselenggara atas kerja sama antara Prince of Songkla University, Yokohama National University, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Cendrawasih Jayapura, Universitas Udayana, Universitas pendidikan Ganesha, Universitas Mataram, Universitas Negeri Malang, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan Universitas Negeri Gorontalo dengan tema ‘Mathematical Fisika dan Bioteknologi untuk Pendidikan, Efisiensi Energi, dan Industri Kelautan’.

Dekan FMIPA Unud Dra Ni Luh Watiniasih MSc PhD, menyambut baik kegiatan ICON-SMART. Unsrat merupakan salah satu universitas besar di Manado yang memiliki banyak hal yang bisa dikembangkan bersama. FMIPA Unud sebagai salah satu universitas tertua di Bali tentunya menyambut baik segala bentuk kerja sama yang signifikan dapat mendukung IKU Unud.

Watiniasih menambahkan, MoU terakhir antara Unud dan Unsrat ditandatangai pada awal 2020, namun dalam MoU tersebut belum mengakomodasi kegiatan MBKM. Oleh karena itu perubahan MoU untuk mengakomodasi MBKM perlu segera dilaksanakan melalui mekanisme yang berlaku.

“Saya berharap yang sudah terintis sejak lama ini juga nantinya dapat mengakomodasi peningkatan kompetensi tenaga pendidikan antaruniversitas, seperti misalnya pertukaran dosen magang agar dapat meningkatkan kualitas output atau mahasiswa,” ucap Watiniasih.

Kegiatan yang dilaksanakan secara kekeluargaan ini diisi dengan penyamaan persepsi, diskusi dan diakhiri dengan kegiatan peninjauan lokasi oleh tim dari Unsrat dan Unud.  (LE-BD)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id