judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Gelar Workshop International, FH Unud Berupaya Tingkatkan Peringkat

Denpasar, LenteraEsai.id – Isu pemeringkatan menjadi hal yang penting di kalangan fakultas hukum di setiap negara. Peningkatan kesadaran penelitian dan kapasitas penelitian manusia dalam melakukan penelitian akan mengangkat dan mendukung peringkat sekolah hukum secara signifikan.

Menyusul isu tersebut, Fakultas Hukum Universitas Udayana menyelenggarakan Workshop Internasional bertema ‘Pentingnya Strategi dan Hasil Penelitian untuk Pemeringkatan Fakultas Hukum’ pada Senin, 11 April 2022, bertempat di Aula Fakultas Hukum Universitas Udayana, Kampus Denpasar.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber Prof Andrew D Mitchell sebagai Professor and Associate Dean (Research) Monash Law School dan Prof Dr Ni Ketut Supasti Dharmawan SH MHum LLM dari FH Unud. Diskusi dimoderatori I Made Budi Arsika SH LLM sebagai dosen FH Unud.

Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Desak Putu Dewi Kasih SH MHum, mewakili Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Dr Putu Gede Arya Sumerta Yasa SH MHum, membuka kegiatan tersebut. Lokakarya membahas tentang pentingnya penelitian untuk mengangkat derajat fakultas hukum.

Sesi pertama disampaikan oleh Prof Andrew D Mitchell, yang menekankan bahwa kerja sama internasional penting untuk memimpin penelitian berkualitas tinggi, jangkauan dan kesempatan yang lebih luas bagi akademisi, serta meningkatkan standar antarfakultas. Kolaborasi ini akan melibatkan siswa, maka akan meningkatkan saling menguntungkan. Hal lain yang ditekankan bahwa dalam hal penelitian, co-authorship antara peneliti junior, senior dan staf akademik harus dijaga.

“Hal ini perlu dilakukan untuk memantau dan mendorong kinerja selama penelitian, melakukan penelitian dengan itikad baik, melakukan penelitian berdasarkan keahlian serta jenjang karir mereka,” ucap Prof Andrew.

Prof Andrew D Mitchell juga menyampaikan jika nantinya Universitas Udayana ingin naik peringkat, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menambah jumlah staf, kualitas staf, dan menambah staf internasional , serta meningkatkan publikasi jurnal, khususnya jurnal internasional bereputasi.

“Kampus Universitas Udayana memiliki potensi yang sangat besar dan kami menunggu kerja sama antara Fakultas Hukum Universitas Udayana dengan Monash Law School,” ucap Prof Andrew.

Koordinator workshop I Gusti Ngurah Parikesit Widiatedja SH MHum LLM PhD, mengimbuhkan, workshop diikuti 50 peserta, sedangkan sekitar 600 peserta mengikuti secara online melalui webex.  (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id