judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Peringatan Bulan Bahasa Bali IV, Duta Gianyar Raih 4 Juara

Gianyar, LenteraEsai.id – Bulan Februari dikenal sebagai Bulan Bahasa Bali. Pemprov dan pemkab/pemkot se-Bali menggelar berbagai lomba di wilayahnya masing-masing. Walaupun dalam masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan komitmen pemerintah untuk melestarikan budaya Bali.

Di Kabupaten Gianyar sendiri, peringatan Bulan Bahasa Bali IV digelar selama 2 hari yaitu tanggal 9-10 Pebruari. Adapun lomba yang dilaksanakan pada Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Gianyar di antaranya lomba nyurat aksara Bali tingkat SD, lomba ngewacen aksara Bali, lomba nyatua Bali, lomba pidarta bendesa adat. Para juara dari perlombaan tersebut dikirim sebagai duta Kabupaten Gianyar dalam Lomba Bulan Bahasa Bali tingkat provinsi.

Peringatan Bulan Bahasa Bali di tingkat Provinsi Bali dibuka 1 Pebruari lalu oleh Gubernur Bali I Wayan Koster di gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center. Penutupan dilakukan 28 Pebruari lalu, dengan menyerahkan piagam bagi para pemenang lomba.

Duta Kabupaten Gianyar berpartisipasi dengan mengikuti 5 katagori dan meraih juara di 4 katagori. Pada lomba Nyurat Bahasa Bali, duta Kabupaten Gianyar I Gede Teguh Bramamtya, siswa SDN 1 Batuan Sukawati meraih juara II. Pada lomba Ngwacen Aksara Bali, Ni Luh Listya Purnami, teruni dari Banjar Petak Kaja, Desa Petak meraih juara II. Pada lomba Mesatua Bali, Ni Wayan Sriyani dari paiketan krama istri desa adat Bayad, Kecamatan Payangan meraih juara II. Pada lomba Pidarta Basa Bali, I Wayan Sukaya yang merupakan bendesa adat Teges Kanginan Kecamatan Ubud meraih juara III.

Serta pada lomba debat, Kabupaten Gianyar yang diwakili SMAN 1 Tampaksiring belum berhasil mempersembahkan piala juara. Atas raihan juara ini, para duta Kabupaten Gianyar merasa bangga telah mampu mengukir prestasi mengharumkan nama Gianyar. (LE-GN1)

Lenteraesai.id