judul gambar
DenpasarHeadlines

Sebanyak 51 Mahasiswa FKP Unud Kuliah Lapangan di BMKG Wilayah III

Tuban, LenteraEsai.id – Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana (Unud) pada Selasa (22/2) melaksanakan kunjungan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III yang berkantor di Tuban, Kuta, Badung sebagai bagian dari pembelajaran lapangan pada mata kuliah Meteorologi Laut.

Sebanyak 51 mahasiswa semester 2 tampak hadir untuk mengikuti mata kuliah lapangan tersebut. Guna mengurangi terjadinya kerumunan yang berlebihan sehubungan masih PPKM Level-3, kuliah lapangan kali ini dibagi menjadi 2 sesi.

Kepala BMKG Wilayah III Drs Mohamad Taufik Gunawan Dipl SEIS bersama jajarannya, tampil menyambut kedatangan rombongan mahasiswa sekaligus membuka acara tersebut.

“Kami bangga melihat antusiasme dan semangat mahasiswa dalam mempelajari langsung bidang meteorologi di tempat kami. Ini penting untuk didapatkan generasi muda, khususnya mahasiswa sebagai generasi yang memiliki kesadaran tinggi dalam mengetahui dan merespon perubahan iklim yang semakin tidak menentu belakangan ini,” ujar Taufik.

Bekti, perwakilan dari BMKG Wilayah III memberikan sedikit ulasan mengenai Informasi Meteorologi dalam bidang maritim, sekaligus mengenalkan kepada mahasiswa mengenai pengolahan data dan penggunaan aplikasi di BMKG.

Tidak hanya itu, mahasiswa FKP Unud juga mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung pengaplikasian radio gempa bumi dan radar cuaca, termasuk proses penyebarannya ke stasiun-stasiun BMKG agar cepat dapat diinformasikan kepada masyarakat luas.

Ida Bagus Mandhara Brasika SSi MSc selaku dosen FKP Unud yang ikut mendampingi para mahasiswanya, berharap dengan adanya kuliah lapangan ini mahasiswa dapat merasakan dan melihat langsung proses-proses pekerjaan yang dilakukan di BMKG.

“Keterpaparan mahasiswa dalam melihat langsung proses pekerjaan BMKG mulai dari ekstraksi data, pengolahan, hingga penyebaran data yang siap pakai sangat penting dalam pembelajaran. Ini akan memberikan gambaran langsung kepada mahasiswa dalam menambah wawasan yang sudah didapatkan di kampus dalam bentuk teori,” ucapnya.

Dengan perkuliahan langsung di lapangan ini, FKP Unud berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya sadar terhadap perubahan iklim, namun juga dapat menjadi bagian dalam merespon perubahan tersebut untuk menjaga kelangsungan ekosistem laut dan bumi secara keseluruhan, kata Mandhara.  (www.unud.ac.id)

Lenteraesai.id